Fraktur Boxer – Pengertian

Boxer dalam bahasa Indonesia adalah petinju. Fraktur boxer adalah fraktur (patah tulang) di daerah metakarpal tangan, terutama bagian kelingking dan jari manis. Beberapa dokter menggunakan istilah “fraktur brawler” (brawler artinya petarung) dan bukan “fraktur boxer” karena petinju tidak mungkin mengalami cedera ini. Petarung yang kurang terlatih harus belajar bagaimana meninju tanpa menyakiti diri mereka sendiri.

doktersehat-tangan-terluka-perban-gigitn-hewan

Tulang metakarpal di tangan menghubungkan tulang-tulang di jari ke tulang di pergelangan tangan. Ada lima tulang metakarpal, satu untuk menghubungkan setiap jari ke pergelangan tangan. Semua tulang metakarpal memiliki struktur anatomi yang sama. Masing-masing terdiri dari pangkal, poros, leher, dan kepala.

  • Dasar tulang metakarpal adalah bagian yang menempel pada tulang pergelangan tangan.
  • Poros adalah bagian tulang ramping yang panjang dan ramping.
  • Leher adalah bagian tulang yang menghubungkan poros ke kepala. Kepala tulang metakarpal menghubungkan tulang metakarpal dengan tulang jari.
  • Kepala tulang metakarpal membentuk buku jari tangan tertutup.
  • Fraktur ini terjadi di leher metakarpal. Ini digambarkan awalnya pada fraktur tulang metakarpal jari kelingking karena jari ini adalah yang paling sering fraktur saat meninju benda yang tidak tergoyahkan.

Fraktur boxer terjadi pada tulang metakarpal yang menghubungkan jari manis atau jari kelingking ke pergelangan tangan. Ini dikenal sebagai tulang metakarpal keempat dan kelima. Beberapa dokter juga mendefinisikan fraktur boxer ketika ada patah leher tulang metakarpal kedua dan ketiga. Tulang metakarpal kedua menghubungkan jari telunjuk ke pergelangan tangan, dan metakarpal ketiga menghubungkan jari tengah ke pergelangan tangan.

Bones of the Hand