Fobia – Pengertian dan Penyebab

Fobia adalah jenis kecemasan (ansietas) yang dapat mengubah hidup mereka untuk menghindari sesuatu yang mereka takuti, dapat berupa situasi, objek tertentu, atau makhluk tertentu.

doktersehat-fobia-takut

Sekitar 10 juta orang di Inggris diperkirakan memiliki fobia.

Seseorang yang memiliki fobia sebenarnya memahami bahwa ia memiliki rasa takut yang berlebihan atau tidak beralasan. Upaya untuk melawan rasa takut tersebut hanya akan membawa lebih banyak kecemasan. Fobia sering dimulai pada masa kanak-kanak dan ketakutan tersebut tidak rasional dan melumpuhkan kemampuan seseorang. Ketakutan ini juga menghasilkan keinginan yang kuat untuk menghindari objek atau situasi yang ditakuti.

Fobia spesifik atau sederhana adalah yang paling sering – yang melibatkan hal-hal sepele seperti sekolah, dokter gigi, anjing, ular, ketinggian, terowongan atau terbang. Ketakutan biasanya bukan dari obyek itu sendiri tetapi dari beberapa kejadian traumatik, seperti jatuh dari pesawat.

Fobia kompleks termasuk fobia sosial dan agoraphobia – bukan hanya takut ruang terbuka, tetapi menjadi cemas tentang kesulitan melarikan diri dari tempat atau situasi tertentu.

Pada fobia sosial, pusat ketakutan seseorang adalah dihina di depan umum. Orang dengan jenis fobia bahkan mungkin menolak makan di rumah makan umum. Mereka menghindari berbicara di depan umum, pesta, dan toilet umum. situasi dan tempat-tempat tersebut dapat membuat mereka takut, muka memerah, jantung berdebar, berkeringat, tremor, gagap atau pingsan.

Apa yang menyebabkan fobia?
Beberapa fobia spesifik dapat dijelaskan oleh peristiwa traumatis awal, seperti gigitan anjing, tetapi sebagian besar tidak memiliki penyebab yang jelas. Kebanyakan berkembang ketika ketakutan yang mendasar atau suatu konflik ditransfer ke sesuatu yang sama sekali tidak berhubungan.

Agoraphobia dapat berkembang sebagai respon terhadap serangan panik berulang. Gejala fobia sosial dapat berkembang pada awal masa kanak-kanak, tapi penyebab sebenarnya tidak diketahui.