Fobia Takut Sendirian, Dependency Disorder

DokterSehat.Com – Tidak semua orang ternyata cukup nyaman untuk berada dalam kondisi yang ramai sehingga memilih untuk sering tinggal di dalam rumah dan melakukan berbagai banyak hal di dalamnya. Namun, tahukah anda, ada orang yang justru cukup bergantung dengan orang lain dan pada akhirnya memiliki ketakutan berlebihan jika Ia sendirian. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan hal ini sebagai penyakit Emotional Dependency Disorder atau cukup kita singkat sebagai EDD.

doktersehat-autis-autisme

Menurut pakar kesehatan, penderita emotional dependency disorder akan cenderung memiliki keinginan berlebihan untuk mendapatkan perhatian sehingga penderitanya akan cenderung sulit menyelesaikan berbagai hal sendirian karena dalam jiwanya Ia tidak mampu menjadi mandiri untuk dirinya sendiri. Uniknya, karena kemampuan tidak normal penderitanya untuk merepotkan orang lain, pakar kesehatan pun masih belum bisa mengerti mengapa sindrom ini bisa terjadi pada sebagian orang.

Seseorang yang mengidap Emotional Dependency Disorder atau EDD biasanya akan mengeluarkan beberapa tanda-tanda seperti sebagai berikut. Namun, pada umumnya penderita EDD akan cenderung bisa dikenali sebagai orang yang tidak tegas dan sanyat bergantung pada orang lain. Selain itu, Ia juga akan cenderung menjadi orang yang sangat egois, namun memiliki kondisi hati yang cenderung berubah-ubah. Sebagai contoh, penderita Emotional Dependency Disorder akan sangat takut jika berada dalam kondisi sendirian saja, selain itu penderitanya juga akan cenderung mudah mengalami rasa cemas dan bahkan depresi.

Penderita Emotional Dependency Disorder seringkali disebabkan oleh kebiasaan buruk orang tua yang tidak benar-benar memberikan kepercayaan pada sang anak sehingga anak pun beranjak dewasa menjadi orang yang cenderung bergantung pada orang lain dan mudah didikte. Jika kita tidak ingin anak kita menjadi penderita penyakit ini, maka biasakanlah Ia agar mampu menyelesaikan berbagai macam hal dengan mandiri.