Flu Yang Diderita Pria Kerap Kali Lebih Parah

DokterSehat.Com – Di musim pancaroba seperti sekarang ini dimana sering sekali terjadi perubahan cuaca yang sangat mendadak dari panas hingga ke dingin karena hujan yang turun atau sebaliknya akan membuat banyak orang terkena penyakit flu. Meskipun flu sering dianggap sebagai penyakit yang sepele. Dalam realitanya flu bisa membuat seseorang tidak bisa melakukan kegiatan secara normal karena tubuhnya terasa lemas dan kepalanya terasa sangat berat. Tahukah anda, pria ternyata memiliki kecenderungan untuk mendapatkan sakit flu yang jauh lebih parah jika dibandingkan dengan kaum wanita.

doktersehat-pilek-flu-dingin

Pakar kesehatan menyebutkan jika jumlah pria yang terkena sakit flu hingga parah dan memaksa mereka untuk bertahan di tempat tidur ternyata jauh lebih tinggi jika dibandingkan wanita. Bahkan, separah apapun wanita mendapatkan flu, mereka masih bisa melakukan banyak kegiatan secara normal. Fakta ini ternyata disebabkan oleh adanya hormon estrogen yang dimiliki oleh wanita yang memiliki sifat pelindung bagi kaum wanita dari berbagai macam penyakit, termasuk diantaranya adalah flu.

Penelitian yang dilakukan oleh John Hopkins University menunjukkan sebuah fakta dimana hormon estrogen pada wanita ternyata secara khusus bisa melawan virus A influenza dengan sangat efektif. Bahkan, selain flu, beberapa penyakit berbahaya layanya hepatitis, ebola, hingga HIV bisa ditangkal oleh adanya hormon ini pada tubuh kaum wanita.

Pakar kesehatan menyebutkan jika virus penyakit memiliki kecenderungan menyerang sel tubuh dan kemudian melakukan pembelahan diri untuk menambah jumlah dan memperparah penyakit. Hormon estrogen ternyata langsung beraksi menjadi semacam antivirus yang akan membuat kemampuan menambah jumlah dengan membelah diri ini terhambat. Yang unik adalah, reaksi ini hanya terjadi pda kaum wanita dan meskipun hormon ini juga dimiliki sedikit oleh pria, tidak ada reaksi apapun untuk menjadi semacam antivirus bagi flu sehingga penyakit flu pada pria pun bisa menjadi jauh lebih parah jika dibandingkan dengan yang dimiliki oleh pria.