Flu Sudah Seperti Ini, Jangan Dibiarkan dan Segera Pergi ke Dokter!

Influenza-doktersehat

DokterSehat.Com– Flu masih saja dianggap sebagai penyakit ringan yang tidak perlu dikhawatirkan. Meskipun kondisi flu sudah sangat berat sekalipun, banyak orang yang bahkan masih tetap berangkat kerja dan berpotensi menularkan penyakitnya pada orang lain. Padahal, agar cepat sembuh, penderita flu seharusnya banyak beristirahat di dalam rumah.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa meskipun kita sudah minum obat flu yang bisa didapatkan di apotek atau warung-warung terdekat, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter jika flu sudah sampai menyebabkan berbagai gejala ini.

Mengalami sesak nafas
Pakar kesehatan dr. Amesh Adalja yang berasal dari Johns Hopkins Center for Health Security menyebutkan bahwa jika flu sampai menyebabkan sesak nafas, maka bisa jadi kondisi ini sudah sampai ke masalah yang lebih serius seperti pneumonia. Hal ini disebabkan oleh virus influenza yang telah menginfeksi bagian bronkus, tabung yang berada dekat dengan paru-paru.

Mengalami demam
Jika kita sampai mengalami demam tinggi saat flu, yakni lebih dari 38 derajat Celcius dan tetap saja tak kunjung mereda meski sudah minum obat penurun panas, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Tubuh terasa sangat lelah
Flu yang sudah sangat berat sehingga membuat kita tidak mampu banyak bergerak dan hanya tiduran saja di atas kasur sebaiknya tidak disepelekan dan harus segera diperiksakan ke dokter. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh pneumonia yang sudah sangat parah. Jika tak segera diobati dengan tepat, maka fungsi paru-paru bisa rusak dan akhirnya tubuh pun tidak akan mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

Melihat adanya fakta ini, jangan sepelekan sakit flu dan segera periksakan kondisi kesehatan ke dokter jika sudah mengalami gejala tersebut.