Flu pada Anak – Pengertian

Influenza adalah infeksi akut yang disebabkan oleh salah satu dari tiga jenis virus influenza (A, B, atau C). Strain tipe A merupakan bentuk penyakit influenza yang paling parah. Banyak orang bingung membedakan influenza dengan ISPA. Influenza dan ISPA berbeda. ISPA dapat disebabkan berbagai virus yang menginfeksi sistem pernapasan bagian atas (hidung, mulut, dan tenggorokan). Flu disebabkan oleh virus influenza dan sering lebih parah dan lebih berbahaya dari ISPA, terutama untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun. Beberapa anak meninggal akibat flu setiap tahun.

doktersehat-anak-kid-children-sakit-flu-demam-fever-batuk-kering

Selain itu, virus yang menyebabkan flu berbeda dengan yang menyebabkan gastroenteritis (sering disebut sebagai “flu perut”), yang memiliki gejala seperti mual, muntah, dan diare.

Influenza biasanya menyebar secara lokal dari orang ke orang selama musim flu. Hal ini disebut sebagai epidemi flu. Karena ada sangat sedikit kekebalan yang sudah ada sebelumnya, kadang-kadang strain yang sangat berbeda muncul dan menyebar dengan cepat di seluruh dunia. Hal ini dikenal sebagai pandemi flu. Misalnya, pada tahun 2009, Strain tipe baru yang disebut H1N1 muncul. Karena hanya ada sedikit kekebalan pada populasi manusia untuk strain H1N1, strain flu ini memiliki kemampuan untuk menyebar dengan mudah dari orang ke orang di seluruh dunia dan orang dapat dengan mudah jatuh sakit bahkan lebih banyak daripada flu musiman biasa. Pada bulan Juli 2009, pandemi H1N1 di seluruh dunia dinyatakan, namun pandemi ini selesai pada bualan Agustus 2010.

Influenza adalah infeksi akut pada saluran napas di hidung dan tenggorokan, kadang-kadang dapat menyebar ke paru-paru. Flu pada orang dewasa sering menjadi penyebab penyakit pernapasan akut. Flu dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Anak-anak adalah salah satu kelompok yang paling berisiko untuk terkena flu dan komplikasinya dan lebih mungkin untuk menyebarkan infeksi kepada orang lain.

Baca Juga:  Flu pada Anak - Tanda dan Gejala

Musim flu (peningkatan tajam dalam kasus flu yang dilaporkan) biasanya dimulai pada pergantian musim hujan dan kemarau, dan kasus biasanya menyebar luas.