Flu Mata atau belek mata (Blepharitis)

DokterSehat.Com – Disebut dengan flu mata karena mengeluarkan banyak air, akan tetapi yang keluar bukan lendir layaknya cairan yang keluar melalui hidung karena flu juga. Flu mata telah banyak dikenal orang, istilah lain yang populer juga yakni belek. Hanya saja, saat terkena belek, mata cenderung mengeluarkan kotoran atau tahi mata lebih banyak selain berair juga. Sedangkan pada flu mata, cairan lebih banyak dikeluarkan daripada kotoran. Akan tetapi, secara garis besar flu mata dan belek adalah sama.



Dalam beberapa hal penyakit ini disebabkan oleh infeksi, ada pula yang di sebabkan alergi. Kadang-kadang penyakit ini berkaitan dengan penyakit kulit muka atau ketombe di kepala. Ini sering terjadi kalau kegairahan menurun, atau karena kurang gizi. Agak sering pula penyakit ini timbul pada orang yang memerlukan kacamata.

Yang harus dilakukan lakukan

  • Kesehatan tubuh perlu di tingkatkan
  • Periksakanlah mata itu apakah sudah perlu memakai kacamata atau menggantinya.
  • Dokter mungkin akan memberikan resep tertentu untuk mengobati infeksi, apakah infeksi pada bagian kelopak mata atau infeksi pada bagian tubuh lainya yang menyebabkan kelopak mata kejang.