Flu Bukanlah Penghalang Untuk Mencium Orang yang Kita Cintai

DokterSehat.Com – Mengingat kita sekarang berada di musim hujan, maka akan sangat wajar andai kita terkena sakit flu. Meskipun dianggap sebagai penyakit yang ringan dan mudah untuk diobati, flu memang bisa cukup merepotkan dimana aktifitas kita bisa terganggu dan membuat kita cenderung menjauhi orang-orang tersayang karena takut menularkan penyakit ini. Banyak pasangan suami dan istri bahkan melarang pasangannya mencium karena takut tertular flu. Sebenarnya, apakah ciuman memang bisa menularkan penyakit ini?

doktersehat-influenza-sinus

Berbeda dengan anggapan banyak orang, pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika ciuman ternyata tidak akan menularkan flu. Alasan dari pakar kesehatan mengeluarkan pernyataan ini juga sangat masuk akal, yakni penularan flu hanya akan terjadi lewat ludah. Fakta ini didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 1984 dimana dari 100 siswa yang diminta untuk berciuman, tidak ada dari mereka yang tertular flu yang diderita oleh pasangannya. Pakar kesehatan Profesor Ron Eccles yang berasal dari Common Cold Center dari Cardiff University, Wales, berkata jika asalkan kita tidak mengalami batuk yang cukup parah atau kondisi dimana ludah sudah tercampur dengan lendir pada saluran pernafasan, maka virus penyebab flu tidak akan berpindah andai kita berciuman dengan pasangan.

Flu ternyata bukan penyakit yang mudah menular sebagaimana yang dibayangkan oleh banyak orang. Memang, orang dewasa bisa terkena penyakit ini dua hingga lima kali dalam setahun dan frekuensi anak terkena flu bahkan bisa lebih sering lagi, namun, kita tidak akan tertular penyakit ini kecuali ada penderita flu yang bersin atau batuk-batuk persis di depan muka kita atau menyentuh permukaan kulit dan benda yang sudah terkena lendir atau kotoran yang berasal dari hidungnya.

Baca Juga:  Jangan Pegang Dua Benda Ini Jika Tidak Mau Terkena Flu

Andai flu memang tidak mudah menular, mengapa banyak orang yang terkena flu di musim hujan? Pakar kesehatan menyebutkan jika suhu dingin membuat hidung kita cenderung lebih sensitif pada berbagai virus yang ada di udara sehingga kita akan mudah terkena flu. Namun, satu hal yang pasti, kita tidak perlu khawatir bahwa ciuman kasih sayang akan menularkan penyakit flu.