Flu Babi/ Swine Flu (1) – Definisi dan Pengantar

Flu babi adalah flu yang mulai dikenal pada tahun 2009 dengan nama influenza H1N1 tipe A yang merupakan penyakit manusia. Orang mendapatkan penyakit ini karena tertular dari orang lain, bukan dari babi.

doktersehat-flu-burung-babi-swine-flu

Penyakit ini awalnya dijuluki flu babi karena virus yang menyebabkan penyakit ini awalnya melompat ke manusia dari babi hidup di mana virus memang berkembang di dalam tubuh babi itu. Virus adalah “reassortant” – campuran gen virus flu dari babi, burung, dan virus flu manusia. Para ilmuwan masih berdebat tentang apa sebutan yang tepat untuk virus, tetapi kebanyakan orang tahu itu sebagai virus flu babi H1N1.

Virus flu babi yang biasanya menyebar diantara babi tidak sama dengan virus flu manusia. Flu babi jarang menginfeksi manusia, dan kasus pada manusia yang pernah terjadi di masa lalu biasanya pada manusia yang memiliki kontak langsung dengan babi. Tapi wabah “flu babi” yang saat ini terjadi memang berbeda dengan flu dari babi yang ditularkan ke manusia ketika dulu sehingga memungkinkan untuk menyebar dari orang ke orang yang belum pernah kontak dengan babi.

Maka sebenarnya flu babi adalah virus flu manusia. Untuk membedakannya dari virus flu yang menginfeksi terutama babi dan dari influenza A virus H1N1 yang telah beredar selama bertahun-tahun, CDC menyebut virus “virus H1N1 2009“. Nama lain termasuk “H1N1 Novel” atau nH1N1, “quadruple assortant H1N1“, dan “H1N1 pandemi 2009“.

Banyak orang memiliki setidaknya kekebalan parsial terhadap virus H1N1 karena mereka telah terinfeksi atau divaksinasi terhadap flu ini. Virus ini berubah secara genetik, sehingga inilah alasan mengapa vaksin flu harus diberikan dari waktu ke waktu.

Baca Juga:  Flu Babi/ Swine Flu (2) - Gejala

Tapi flu babi H1N1 bukan merupakan varian yang biasa dari H1N1. Virus ini datang kepada manusia dari garis evolusi yang berbeda. Itu berarti kebanyakan orang tidak memiliki kekebalan alami untuk flu babi H1N1. Vaksinasi flu musiman normal tidak melindungi terhadap virus baru ini.

Beberapa orang yang mungkin memiliki flu musiman H1N1 sebelum tahun 1957 mungkin memiliki sedikit kekebalan protektif terhadap virus baru ini. Itu karena strain flu musiman H1N1 yang beredar sebelum 1957 secara genetik lebih mirip denan flu babi H1N1 2009 ini. Perlindungan dari flu H1N1 1957 juga bukan perlindungan yang lengkap. Namun, relatif sedikit orang lanjut usia yang mengalami flu babi H1N1, dan meskipun terkena, banyak dari mereka yang tidak mengalami penyakit sakit parah.