Flu Babi (Swine Flu) – Vaksin

doktersehat-flu-burung-babi-swine-flu

Sindrom Guillian-Barre (GBS), sindrom neurologis langka bisa dipicu oleh vaksin flu. Vaksin flu musiman menyebabkan sekitar satu kasus tambahan GBS dari orang-orang yang divaksinasi.  Sebuah penelitian menemukan bahwa vaksin H1N1 2009 meningkatkan kasus GBS.

Apakah ini berarti vaksin flu babi adalah 100% aman? Tidak. Reaksi vaksin yang langka bisa terjadi, bahkan dengan vaksin flu musiman. Namun para ahli flu mencatat bahwa mendapatkan flu babi ini jauh lebih berisiko daripada mendapatkan vaksin.

Untuk diketahui, bahwa pemberian vaksin flu tidak menjamin Anda tidak terkena flu babi. Vaksin flu musiman tahun 2009-2010 tidak melindungi virus flu babi baru. Akan tetapi, vaksin flu 2010-2011 akan melindungi Anda virus flu babi H1N1 2009.

Langkah utama untuk menghindari flu babi adalah dengan menerima vaksin influenza. Vaksin yang umumnya dianjurkan satu kali dalam setahun ini akan membantu tubuh dalam membangun pertahanan terhadap virus H1N1.

Selain vaksin, ada beberapa cara sederhana yang bisa diterapkan untuk menghindari flu babi sekaligus mencegah penularannya, di antaranya:

  • Hindari kontak langsung dengan penderita sebisa mungkin.
  • Rajin mencuci tangan dengan air dan sabun. Gunakan cairan pembersih tangan berbahan dasar alkohol jika perlu.
  • Menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin atau batuk. Buanglah tisu ke tempat sampah usai digunakan.

 

Flu Babi/ Swine Flu – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9
ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik