Flu Babi/ Swine Flu (7) – Pengobatan dan Vaksin

Pengobatan dini sangat penting bahwa CDC menyarankan dokter memberikan resep obat antivirus Tamiflu atau Relenza untuk pasien yang berisiko. Jika pasien mengalami gejala seperti flu, pasien akan memanggil dokter mereka, dan berdasarkan penilaian klinis dokter, pasien bisa dipertimbangkan apakah butuh mendapatkan resep antivirus atau tidak.

doktersehat-flu-burung-babi-swine-flu

Banyak orang yang telah meninggal karena flu babi H1N1 setelah terinfeksi bakteri, terutama infeksi pneumokokus. Ada vaksin untuk melawan infeksi pneumokokus. Vaksin ini rutin diberikan untuk anak-anak dan dianjurkan untuk orang dewasa dengan kondisi kesehatan yang mendasari, perokok, atau orang-orang di atas usia 65 tahun Jika gejala flu Anda menjadi lebih buruk setelah sempat membaik, hubungi dokter Anda. Anda mungkin memerlukan pengobatan dengan obat antibiotik.

Tamiflu dan Relenza dapat mencegah flu babi, namun CDC mendesak orang berisiko untuk mencoba untuk menghindari menggunakan obat  ini. Tidak hanya kekurangan pasokan untuk pencegahan, namun penggunaan secara bebas tanpa resep dokter tampaknya menjadi faktor utama dalam beberapa kasus flu babi H1N1 yang resisten terhadap obat (virus yang lebih ‘bandel’).

Apakah ada vaksin terhadap virus flu babi yang baru?
Ada. Masalahnya adalah bahwa gelombang utama pandemi flu babi melanda Amerika Serikat pada September 2009. Produksi Vaksin tertunda karena hasil yang tidak diharapkan pada percobaan vaksin dari telur ayam di mana virus vaksin tumbuh. Tidak sampai akhir Januari 2010 setiap warga Amerika Serikat ingin bisa mendapatkan vaksin.

Pada pertengahan musim panas 2010, hanya ada sedikit infeksi H1N1, tapi kasus kematian dan rawat inap lanjutan semakin tinggi pada orang yang tidak divaksinasi.

Ketika vaksin untuk musim flu 2010-2011 siap, itu akan mencakup vaksin H1N1 2009 serta vaksin terhadap dua flu musiman lainnya.

Baca Juga:  Tuberkulosis (TBC) pada Anak - Pengobatan, Pencegahan, dan Tantangan di Masyarakat

Uji klinis menunjukkan vaksin H1N1 2009 bekerja sangat baik. Orang usia 10 tahun dan lebih tua hanya perlu satu dosis vaksin. Perlindungan dimulai sekitar delapan hari setelah vaksinasi. Anak di bawah usia 10 akan membutuhkan dua vaksinasi, diberikan tiga minggu. Vaksin ini sangat efektif – dan, menurut hasil awal dari uji klinis, sangat aman pada wanita hamil.