Flu Babi/ Swine Flu (6) – Penyebaran

Penyebaran virus flu babi H1N1 adalah seperti flu biasa. Anda bisa mendapatkan virus langsung dari udara dari batuk atau bersin dari orang yang terinfeksi. Anda juga bisa mendapatkan virus dengan menyentuh objek yang terkontaminasi oleh batuk atau sentuhan dari orang yang terinfeksi dan kemudian Anda menyentuh mata, mulut, atau hidung Anda sendiri. Itulah mengapa Anda harus biasa mencuci tangan Anda, bahkan ketika Anda sedang tidak sakit. Orang yang terinfeksi dapat mulai menyebarkan kuman flu hingga satu hari sebelum gejala mulai, dan sampai tujuh hari setelah sakit, menurut CDC.

doktersehat-flu-burung-babi-swine-flu

Virus flu babi H1N1, seperti virus flu musiman, dapat menular melalui udara jika Anda batuk atau bersin tanpa menutupi hidung dan mulut, mengirim kuman ke udara. Penelitian Ferret menunjukkan bahwa flu babi menyebar lebih sulit karena serpihan dropletnya lebih kecil daripada flu musiman. Tapi itu menyebar lewat jalur ini, flu babi dapat mulai menyebar bahkan lebih mudah karena merupakan virus baru yang sepenuhnya beradaptasi dengan manusia.

Virus H1N1 flu babi adalah virus manusia disebarkan oleh orang, bukan oleh babi. Satu-satunya cara untuk mendapatkan flu babi baru dari orang lain.

Bagaimana flu babi dirawat?
Pandemi virus flu babi H1N1 sensitif terhadap obat antivirus Tamiflu dan Relenza. Obat antivirus ini paling efektif bila dikonsumsi dalam waktu 48 jam dari awal gejala flu.

Obat antivirus ketiga, peramivir, hanya dapat digunakan pada pasien rawat inap dengan flu berat. Peramivir adalah obat intravena disetujui untuk digunakan di bawah pengawasan FDA dengan Otoritas Penggunaan Emergensi.

Tidak semua orang membutuhkan pengobatan dengan obat ini. Kebanyakan orang dengan flu babi H1N1 pulih sepenuhnya – tanpa pengobatan antiviral.

Baca Juga:  Demam Berdarah Dengue - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Tapi CDC sangat menganjurkan pengobatan antivirus untuk orang yang berisiko komplikasi flu berat yang turun dengan gejala seperti flu. Karena itu sangat penting untuk memulai obat ini segera setelah gejala muncul, dokter harus menawarkan perawatan untuk pasien yang berisiko jika mereka mencurigai mereka memiliki flu. Dokter tidak harus bergantung pada tes flu cepat (mereka terlalu diandalkan untuk diagnosis definitif) atau menunggu hasil tes laboratorium berbasis (karena mereka mengambil terlalu lama).