Flu Babi (Swine Flu) – Penyebaran

doktersehat-flu-burung-babi-swine-flu

Penyebaran virus flu babi H1N1 adalah seperti flu biasa. Anda bisa mendapatkan virus langsung dari udara lewat batuk atau bersin orang yang terinfeksi. Anda juga bisa mendapatkan virus dengan menyentuh objek yang terkontaminasi oleh batuk atau sentuhan dari orang yang terinfeksi dan kemudian Anda menyentuh mata, mulut, atau hidung Anda sendiri.

Itulah mengapa Anda harus biasa mencuci tangan, bahkan ketika Anda sedang tidak sakit. Orang yang terinfeksi dapat mulai menyebarkan kuman flu satu hari sebelum gejalanya terlihat hingga tujuh hari setelah sakit. Flu babi dapat menyebar lebih mudah karena merupakan virus baru yang mudah beradaptasi dengan manusia.

Babi merupakan binatang yang rentan terhadap virus influenza, termasuk yang menyerang manusia dan unggas, serta berpotensi terinfeksi berbagai varian virus di saat yang bersamaan. Gen dari berbagai varian virus itu dapat tercampur dan membuat virus baru.

Jika varian virus tersebut mengakibatkan penyakit pada manusia, kemudian dengan mudah menyebar dari orang ke orang, influenza dapat menjadi pandemik. Hal inilah yang terjadi pada saat tahun 2009, yaitu penularan virus influenza A (H1N1) atau dikenal dengan flu babi yang terjadi secara global.

Flu Babi/ Swine Flu – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9