Flu Babi/ Swine Flu (4) – Pertolongan Pertama

Tolong! Saya terkena flu babi H1N1. Apa yang harus saya lakukan? Jika Anda kontak dengan orang yang memiliki flu – terutama jika orang itu tidak menutupi mulutnya ketika batuk  atau bersin ketika Anda berada dalam jarak 1,5 meter – Anda sudah terkena. Paparan tidak menjamin infeksi atau penyakit, jadi masih ada kesempatan Anda tidak akan mendapatkan flu.

doktersehat-flu-burung-babi-swine-flu

Apa yang harus Anda lakukan selanjutnya tergantung pada risiko Anda untuk mengalami penyakit parah dan tingkat keparahan penyakit pada orang tersebut yang menularkan Anda.

Jika Anda memiliki salah satu kondisi yang menempatkan Anda pada peningkatan risiko flu berat H1N1 babi – kehamilan, asma, penyakit paru-paru, diabetes, penyakit jantung, penyakit neurologis (saraf), kekebalan yang menurun, atau kondisi kronis lainnya – Anda lebih berisiko daripada orang lain untuk mendapatkan flu. Itu juga berlaku untuk anak di bawah usia 2 tahun, orang-orang muda di bawah usia 19 tahun yang mengkonsumsi aspirin setiap hari, dan orang-orang di atas usia 65 tahun Dan jika Anda seorang pengasuh untuk bayi di bawah usia 6 bulan, anak tersebut beresiko penyakit parah jika ia atau dia menangkap flu dari Anda.

CDC menyarankan melarang penggunaan obat anti-virus secara mandiri seperti Tamiflu atau Relenza (tanpa resep dokter) karena sebagian dari beberapa kasus H1N1 flu babi yang resistan (kebal) terhadap obat telah muncul pada orang yang memakai obat ini untuk mencegah flu.

Sebaliknya, CDC menyarankan pada individu yang berisiko untuk memanggil penyedia layanan kesehatan (dokter/perawat/bidan) mereka jika mereka terkena flu. Dokter dapat memilih untuk menuliskan resep obat antiflu jika memang hanya gejala flu muncul. Dokter juga dapat meminta pasien untuk mengingat-ingat lagi pada tanda pertama dari flu, pada saat resep akan ditulis.

Baca Juga:  Flu Babi/ Swine Flu (8) - Vaksin

Jangan menunggu tes cepat (rapid test) untuk flu. Tes sering memberikan hasil negatif bahkan pada orang yang benar-benar memiliki flu babi H1N1. Jika Anda punya gejala flu dan Anda berisiko mengalami penyakit yang berat, mulai konsumsi obat flu segera. Obat bekerja dengan baik ketika diambil dalam waktu 48 jam dari gejala pertama, meskipun bahkan ketika telat mengkonsumsi, obat flu mampu mencegah keparahan penyakit pada orang yang berisiko.

Sebagian besar orang sehat yang mendapatkan flu babi H1N1 akan tampak baik-baik saja, setelah melalui beberapa gejala flu yang mungkin agak berat.

TAPI: Flu adalah penyakit yang rumit. Jika Anda terkena flu dan mengembangkan salah satu tanda-tanda peringatan dari penyakit yang berat – terutama kesulitan bernapas, atau semakin parah setelah merasa lebih baik – hubungi dokter Anda segera. Penting untuk memonitor anak-anak untuk tanda-tanda penyakit berat, seperti mudah marah, penolakan untuk makan, kesulitan bangun, warna kulit kebiruan atau keabu-abuan, atau demam yang turun dan kemudian tinggi kembali.