Flossing Gigi Bisa Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

DokterSehat.Com -Masyarakat awam akan mengira jika membersihkan gigi dengan rutin setiap hari akan membuat gigi lebih terawat dan terjaga dari berbagai masalah layaknya karang gigi atau gigi berlubang. Padahal, banyak sekali cara untuk membersihkan gigi selain menyikat gigi atau berkumur. Salah satu cara tersebut adalah flossing gigi. Flossing gigi bisa dianggap sebagai pembersihan gigi dengan menggunakan benang. Hanya saja, kita tidak bisa membayangkan benang yang dipakai dengan benang biasa. Benang yang dipakai untuk membersihkan sela-sela gigi ini adalah benang khusus yang tidak akan membuat gigi atau gusi terluka.

shutterstock_77450746 copy

Sisa makanan bisa mencapai sela-sela gigi yang tidak akan mudah dicapai oleh sikat gigi maupun obat kumur. Dengan flossing gigi, kita bisa mencapai sela-sela tersebut sehingga gigi pun akan lebih bersih. Paakr kesehatan menyebut efektifitas dari flossing gigi bahkan mencapai 40 persen dimana banyak sekali plak atau bakteri yang bisa dibuang dari gigi. Flossing gigi dapat mencapai seluruh lima permukaan gigi dengan maksimal sehingga kemungkinan mendapatkan plak dan karang gigi pun menjadi lebih rendah. Jika kita rajin melakukan flossing gigi, maka gigi kita pun akan jauh lebih kuat, lebih bersih, sekaligus terlihat lebih cantik. Gigi akan tidak mudah rusak karena minimnya konsentrasi bakteri atau plak pada gigi. Banyak pakar kesehatan yang berkata jika flossing gigi bisa membuat gigi bisa bertahan hingga kita berusia tua.

Benang gigi yang dipakai untuk flossing gigi biasanya terbuat dari bahan teflon atau nilon. Hanya saja, ada banyak sekali jenis benang gigi yang disesuaikan dengan bentuk tatanan gigi yang memang berbeda-beda setiap orang. Benang gigi dari teflon atau nilon akan sangat baik bagi gigi dengan jarak yang cenderung agak lebar. Sementara itu, gigi yang cenderung rapat sebaiknya memakai benang gigi dari bahan gore tex. Jika anda sedang memakai kawat gigi, benang gigi yang terbuat dari floss trhreader akan sangat cocok digunakan untuk membersihkan gigi ini.

Baca Juga:  11 Sayuran Yang Dapat Membunuh Kanker

Memakai benang gigi ternyata tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika diperlukan, anda bisa mencari tutorial penggunaan kawat gigi di internet. Hanya saja, secara umum kita tinggal menyelipkan benang gigi pada sela-sela gigi dan kemudian poles sela-sela gigi dengan gerakan naik turun. Kadang kala gigi atau gusi mengalami pendarahan karena proses ini. Namun, anda tak perlu khawatir karena ini hanya efek pembersihan plak gigi saja. Pendarahan biasanya akan segera berhenti setelah beberapa saat dan anda pun menyisakan gigi yang jauh lebih bersih dari sebelumnya.