Flek Paru-paru Pada Anak

Pertanyaan Konsultasi



Dokter saya mau nanya, saya punya anak perempuan umur 5 tahun 10 bulan dengan berat badan 13,5 kg saat ini dalam terapi pengobatan TBC di dokter anak . Sudah selama 6 bulan pengobatan tetapi tidak ada perubahan, dari berat badan tidak naik-naik padahal sudah di berikan susu yang baik serta makanan yang baik tetapi berat badan anak saya tidak naik.

Tetapi batuknya sudah agak berkurang, saat ini batuknya seperti ada reak yang tidak bisa keluar. Mohon masukan dan sarannya apakah saya mesti ganti dokter anak? Soalnya saya kasihan melihat kesehatan anak saya selama 6 bulan lebih tidak ada perkembangan.

Apakah bila hasil test mantuk pada anak negatif tetapi hasil rontgent ada flek anak bisa di katakan terkena TBC? Mohon sarannya dokter anak yang bagus untuk lokasi jakarta selatan dokter? Terimakasih atas perhatiannya

Salam
Bapak Arief

Jawaban Konsultasi

Untuk anak memang bisa dilihat dari pemeriksaan fisik dan hasil rontgent. Bila dari gejala sudah membaik, namun dari segi berat badan belum membaik memang perlu waktu. Bila nafsu makan membaik, maka tidak perlu khawatir.

Untuk pengobatan TBC minimal 6 bulan, kemudian akan dilakukan pemeriksaan kembali apakah sudah sembuh total atau belum, bila belum maka terapi akan dilanjutkan kembali. Dan memang pengobatan TB memerlukan banyak waktu dan kesabaran.

Bila anda ingin mendapatkan second opinion, anda bisa konsultasikan dengan dokter spesialis anak atau spesialis paru-paru di Rumah Sakit terdekat. Terimakasih

Salam

dr. Vanny Bernadus
Team DokterSehat.com