Flek Hitam, Masalah Kulit Yang Meresahkan Kaum Hawa

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kulit yang seringkali meresahkan kaum wanita dan diiklankan di berbagai produk kecantikan adalah flek hitam. Flek hitam atau dalam kata lain adalah ephelis sendiri bisa dijabarkan sebagai adanya pigmen alami yang terkumpul, atau yang disebut sebagai melanin, yang memiliki melanosome. Kita sendiri bisa mengenali flek hitam dari rupanya yang berupa bintik-bintik pada kulit wajah atau beberapa bagian tubuh lain layaknya bahu atau lengan. Bagi beberapa orang berkulit cerah, contohnya dari ras kulit putih, flek hitam akan cenderung lebih terlihat. Untungnya, flek hitam hanya berpengaruh pada kecantikan dan sama sekali tidak berbahaya bagi penderitanya.

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

Pakar kesehatan menyebutkan jika flek hitam disebabkan oleh paparan sinar matahari yang membuat produksi melanosome pada melanin meningkat dengan tajam. Sebagai informasi, melanin adalah semacam pigmen yang menentukan warna pada kulit, rambut, mata, hingga beberapa bagian dari telinga kita. Semakin banyak produki melanosome, maka semakin gelaplah flek hitam ini.

Beberapa etnis memiliki resiko lebih besar terkena masalah flek hitam mengingat ada beberapa etnis yang memiliki melainn lebih banyak, Namun, kita masyarakat Indonesia yang tinggal di area tropis dimana paparan sinar matahari sangatlah banyak setiap harinya juga memiliki resiko terkena flek hitam yang cukup tinggi. Selain itu, ada juga orang yang terkena flek hitam karena faktor bawaan genetik layaknya mereka dengan ras berrambut pirang atau merah dan juga mereka yang sudah berusia lanjut.

Flek hitam sendiri biasanya akan terlihat layaknya titik-titik atau bahkan berupa bercak-bercak berwarna cokelat muda. Jika berupa titik-titik, biasanya akan berbentuk lingkaran. Flek hitam sendiri bisa mulai muncul pada kulit saat seseorang berusia mulai dua tahun. Namun, jika seseorang cukup jarang terkena sinar mahatari, flek hitam juga bisa semakin memudar seiring dengan waktu. Satu hal yang pasti, flek hitam cukup sulit dibedakan dengan kanker kulit layaknya melanoma sehingga jika kita menemukan flek hitam mencurigakan, segeralah periksakan kondisi ini ke dokter untuk segera ditangani dengan baik.