Flek hitam, Jenis Komedo dan Beberapa Cara Menanganinya

DokterSehat.com – Bagi kaum hawa, kebersihan bagian muka adalah hal yang mutlak harus dijaga. Dengan wajah yang bersih, kepercayaan diri pun dapat meningkat. Namun, membersihkan muka tidak selalu mudah, berbagai masalah wajah dapat silih berganti datang, dapat berupa komedo, flek hitam, jerawat, dan masalah lainnya.



Flek hitam dan jerawat biasanya memiliki keterkaitan yang erat. Kaum hawa yang memiliki jerawat biasanya akan berlanjut pada masalah berupa flek pada wajahnya sebagai akibat dari jerawat tersebut. Untuk mengatasi masalah jerawat ini, beberapa cara dapat dilakukan, yakni:

  • Menggunakan seduhan daun sirih untuk mencuci wajah 2-3 kali dalam sehari untuk mematikan bakteri jerawat.
  • Menggunakan campuran ekstrak belimbing wuluh dan dengan campuran sedikit garam untuk membersihkan wajah untuk mengecilkan pori-pori bekas jerawat.
  • Gunakan campuran dari batang kayu manis dan madu untuk mengolesi jerawat sebelum tidur untuk dibersihkan saat bangun pagi.
  • Jangan menyentuh atau memencet jerawat dengan tangan kotor.
  • Gunakan masker yang banyak berada di pasaran.

Masalah berikutnya adalah komedo, komedo sendiri dapat disebut sebagai kotoran yang menyumbat pori-pori. Terdapat dua jenis komedo, yakni komedo terbuka yang dapat disebut sebagai Black Head, yang berupa sekumpulan minyak berlebih yang terkumpul seperti pori-pori yang membesar dan berwarna hitam namun tidak tertutup oleh epitel kulit. Jenis komedo berikutnya adalah komedo tertutup atau White Head yang berasal dari gumpalan minyak wajah yang berlebih namun terjadi di bawah permukaan kulit ari yang tersumbat kotoran dan lemak. Komedo jenis kedua inilah yang lebih sulit untuk dikeluarkan dan berada di area T (dahi, hidung, dan dagu). Untuk mencegah komedo-komedo ini, kita dapat memakai beberapa cara, yakni:

  • Gunakan krim malam atau krim penghalus wajah yang sesuai dengan jenis kulit yang dapat menambah nutrisi bagi wajah.
  • Rajin-rajinlah membersihkan wajah dan menggunakan krim masker yang mengandung ekstrak sari jeruk nipis.
  • Kurangi konsumsi cokelat, susu cokelat, krim bubuk, semua jenis susu, gorengan, santan, dan daging berlemak.
  • Cobalah menerapkan hidup sehat, cukup gizi, cukup istirahat, dan hindari stress.
  • Jika anda ingin masalah wajah anda segera tuntas, anda dapat berkonsultasi ke dokter kulit yang biasanya akan memberikan tips facial, memberikan obat tertentu, atau bahkan memakai teknologi laser bagi wajah.