Tak Hanya untuk Diet, Flaxseed Juga Sempurnakan Kulit

doktersehat-manfaat-flaxseed-untuk-kulit
Photo Credit: flickr.com/Alisha Vargas

DokterSehat.Com– Saat menjalani diet sehat, tentu akan mendengar bahan yang disebut dengan flaxseed. Flaxseed merupakan salah satu bahan yang mengandung serat sehat di dalamnya yang ampuh untuk menjaga perut terasa kenyang lebih lama. Namun, kandungan bahan aktif lainnya pada flaxseed rupanya dapat digunakan untuk merawat kesehatan kulit. Bahkan beberapa tahun belakangan sejumlah merk dagang dari produk perawatan kulit sudah mulai mengeluarkan minyak esensial yang terbuat dari ekstraksi flaxseed.

1. Kaya Akan Antioksidan

Siapa yang menyangka jika flaxseed merupakan salah satu bahan yang menjadi sumber antioksidan. Dilansir dari laman Health Beckon, flaxseed mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas.

2. Sumber dari Lignan

Tidak hanya itu saja, flaxseed juga dilengkapi dengan kandungan lignan, senyawa kimia yang mirip dengan hormon estrogen. Lignan sendiri berfungsi dalam melawan efek buruk radikal bebas. Tidak heran jika Anda yang gemar mengonsumsi flaxseed memiliki kulit yang lebih sehat dan lembap.

3. Mengatasi Ruam dan Jerawat

Kandungan anti peradangan pada flaxseed juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat mau pun ruam pada kulit. Sebagai tambahan informasi, bahan anti peradangan tersebut berasal dari kandungan oemga-3 yang ada di dalma flaxseed. Jadi jangan heran jika ruam atau jerawat akan memudar dengan cepat dan kulit terasa lebih lembap.

4. Meluruhkan Sel Kulit Mati

Kehabisan scrub bukan berarti Anda tidak dapat membersihkan sel kulit mati. Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan flaxseed. Teksturnya yang sedikit kasar dapat dijadikan eksfolian alami yang tidak merusak lapisan kulit. Tidak hanya membersihkan kulit secara optimal, flaxseed juga menjadikan kulit terasa lebih halus.

Wah siapa yang akan menyangka jika flaxseed yang menjadi menu pelengkap diet sehat ini memiliki beragam manfaat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Tidak heran jika bahan alami satu ini kini menjadi salah satu bahan unggulan pada sejumlah produk perawatan kulit ternama.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik