Fetal Alcohol Syndrome (FAS) – Pengertian dan Gejala

Fetal-Alcohol-Syndrome-doktersehat

Fetal alcohol syndrome (FAS) adalah suatu kondisi yang terjadi akibat paparan alkohol yang berlebihan selama kehamilan. Sindrom yang ditandai dengan kelainan secara mental dan fisik ini, menimbulkan beberapa masalah seperti cacat fisik, keterbelakangan mental, gangguan belajar, kelainan wajah dan masalah perilaku.

Di Amerika Serikat, FAS adalah salah satu penyebab utama cacat lahir dan diduga menjadi penyebab paling umum dari keterbelakangan mental. Setiap tahun , 5000 sampai 12.000 bayi di Amerika Serikat lahir dengan kondisi FAS. FAS biasa disebut alcohol abuse syndrome (sindrom penyalahgunaan alkohol).

Gejala Fetal Alcohol Syndrome

Pertumbuhan fisik bayi yang mengalami FAS akan  melambat, baik sebelum dan sesudah kelahiran. Bayi mungkin sulit mendengar atau memiliki gangguan pendengaran lainnya. Kecacatan pada jantung, ginjal, tulang, otak, dan sistem saraf pusat juga bisa terjadi karena FAS.

Gejala yang terjadi pada seorang bayi yang mengalami FAS mencakup kecacatan fisik, gangguan sistem saraf dan otak, gangguan dalam berpikir, serta gangguan dalam bersosialisasi. Seorang anak yang mengalami FAS juga dapat terlihat dari  keterlambatan keterampilan motorik halus, seperti menggenggam benda dengan ibu jari dan jari telunjuk, atau memindahkan objek dari satu tangan ke tangan lainnya

Kecacatan fisik bisa meliputi penampilan wajah yang khas. Di antaranya adalah mata kecil, bibir bagian atas yang sangat tipis, hidung pendek dan terbalik, dan permukaan kulit yang halus antara hidung dan bibir bagian atas. Dalam beberapa kasus, dilaporkan juga kelainan pada sendi, tungkai dan jari.

Namun, anak-anak yang terkena FAS biasanya memiliki salah satu atau semua tanda dan gejala seperti berikut ini:

  • Berat lahir yang rendah
  • Tengkorak kecil
  • Gangguan pendengaran

Penelitian telah menunjukkan bahwa semakin berat gejala fisik yang ditimbulkan dari FAS, maka gangguan mental yang terjadi juga cenderung semakin berat.

Fetal Alcohol Syndrome (FAS) – Halaman Selanjutnya: 1 2 3
ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik