Faktor Sariawan Dan Penyebabnya

DokterSehat.com – Sariawan adalah penyakit umum yang sering diderita oleh manusia. Rasanya tak nyaman di mulut. Kadang perih luar biasa jika terkena makanan pedas. Cekungan berwarna putih di mulut itu bisa bertahan berhari-hari jika tak diobati. Namun, sebaik-baiknya pengobatan, tentu lebih baik jika kita bisa mencegah.



Hampir 10% populasi manusia menderita penyakit sariawan dan faktanya adalah wanita lebih mudah terkena sariawan ketimbang pria. Berikut ini adalah penyebab-penyebab munculnya sariawan:

1. Luka terkena sikat gigi
Menggosok gigi terlalu keras sehingga melukai gusi, inilah penyebab umumnya muncul sariawan. Oleh maka itu pilihlah sikat gigi yang bulu lunak jika Anda memiliki gusi yang senstitif. Gosoklah gigi dengan perlahan dan lakukan dengan gerakan yang benar. Gantilah sikat gigi Anda secara rutin sebulan atau dua bulan sekali, terutama jika permukaan bulu sikat gigi sudah tidak rata.

2. Stress
Kondisi seperti tertekan atau stress bukan cuma menyebabkan rasa sakit perut atau mual, tapi bisa juga menyebabkan sariawan di mulut. Stress pada masing-masing orang tentu saja berbeda-beda. Perhatikan kecenderungan Anda. Kalau Anda stress lalu muncul sariawan, maka luka kecil menyakitkan di mulut itu bisa jadi ‘alarm’ untuk segera ambil cuti liburan.

3. Panas dalam
Sariawan juga bisa di sebabkan oleh peradangan di pencernaan ataupun panas dalam. Oleh karena itu dibiasakanlah untuk tidak jajan sembarangan, terutama makanan pedas. Perbanyak minum air putih dan kurangi jajan gorengan.

4. Luka saat makan

Berhati-hatilah saat mengunyat makanan, karena bisa menyebabkan kulit di mulut tergigit tanpa sengaja. Hindarilah makan-makanan terlalu panas atau makan dengan terburu-buru agar tidak melukai mulut sendiri dan menyebabkan sariawan.

Baca Juga:  Kanker Leher Dan Kepala

5. Kondisi tubuh tidak sehat
Tubuh yang tidak dalam kondisi sehat, bisa juga menyebabkan sariawan dimulut. Jadi dibiasakanlah makan dengan pola sehat dan teratur dalam sehari-hari. Sariawan bisa juga menjadi salah satu indikasi Anda kekurangan vitamin C dan vitamin B12. Tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin atau multivitamin, cukup saja dibenahi dengan pola makan Anda dengan banyak makan sayur dan buah-buahan yang kaya vitamin C dan Serat alami yang banyak terdapat pada sayur dan buah segar juga melancarkan pencernaan.