Penyakit Parkinson – Faktor Risiko

doktersehat-konsultasi-orangtua-parkinson

Saat Anda memiliki penyakit Parkinson, Anda memiliki penyakit jangka panjang karena penyakit progresif ini dapat melibatkan berbagai macam perasaan. Anda mungkin merasa marah, takut, sedih, atau khawatir tentang apa yang terjadi di masa depan. Berikut ini dapat membantu meringankan pikiran:

  • Biasanya penyakit ini berlangsung perlahan-lahan. Beberapa orang hidup selama bertahun-tahun hanya dengan gejala ringan.
  • Banyak orang dapat tetap bekerja selama bertahun-tahun. Seiring waktu penyakit semakin memburuk, Anda mungkin perlu mengubah cara Anda bekerja.
  • Hal ini penting untuk mengambil peran aktif dalam perawatan kesehatan Anda. Cari dokter yang Anda percaya dan dapat bekerja sama dengan baik.
  • Depresi adalah umum pada orang yang memiliki Parkinson. Jika Anda merasa sangat sedih atau putus asa, berbicaralah dengan dokter Anda atau kunjungi seorang konselor psikis.
  • Tanyakan kepada dokter Anda tentang kelompok orang atau pasien Parkinson, atau mencari kelompok online untuk berbagi suka dan duka. Hal ini dapat membuat perbedaan besar untuk mengetahui bahwa Anda tidak sendirian.
  • Parkinson tidak memengaruhi penderitanya. Parkinson juga memengaruhi orang yang Anda cintai. Pastikan untuk menyertakan mereka dalam setiap keputusan Anda.
Apa yang Meningkatkan Risiko Terkena Parkinson

Faktor risiko adalah apapun yang meningkatkan kesempatan masing-masing orang untuk terkena sakit atau mendapatkan masalah kesehatan. Faktor risiko penyakit Parkinson sulit diidentifikasi karena penyebab penyakit ini masih belum diketahui. Akan terdapat beberapa hal yang diduga menjadi penyebab Parkinson:

  • Usia

Usia lanjut adalah faktor risiko yang satu-satunya diketahui untuk Penyakit Parkinson Tipikal (tidak termasuk onset dini, atau Parkinson yang terjadi di usia dini). Kebanyakan Parkinson terjadi setelah usai 50 tahun, namun penyakit ini juga dapat menyerang orang dengan usia 30–50 tahun, pada kasus yang jarang, juga menyerang orang di usia yang lebih muda.

  • Riwayat keluarga

Sejumlah kecil keluarga dengan penyakit Parkinson memiliki saudara dekat yang juga punya penyakit serupa. Namun, adanya riwayat keluarga pada Parkinson tipikal secara signifikan akan meningkatkan risiko Anda terhadap penyakti ini. Memiliki keluarga dengan riwayat penyakit serupa juga semakin meningkatkan risiko pada kasus Parkinson onset dini namun bentuk penyakit ini jarang terjadi

  • Lingkungan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pajanan jangka panjang terhadap paparan lingkungan seperti pestisida, zat kimia, air sumur yang tercemar, dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit Parkinson.

Pencegahan Parkinson

Tidak ada cara yang diketahui mampu mencegah datangnya penyakit Parkinson. Para ahli menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur, makanan tinggi serat, dan makanan yang kaya minyak omega-3 dan mengurangi makan makanan daging merah serta susu sapi dapat mencegah penyakit parkinson. Namun alasan lebih detilnya masih dalam penelitian.

 

Penyakit Parkinson – Halaman Selanjutnya : 1   2   3   4   5   6