Faktor Risiko Hipertensi

DokterSehat.com – Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa menyerang siapa saja. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami tekanan darah tinggi, yaitu:



  • Faktor Keturunan

Hipertensi ternyata bisa diturunkan dari orang tua ke anaknya. Jika kedua orang tua Anda memiliki riwayat hipertensi maka kemungkinan Anda juga berisiko mengalaminya.

  • Usia

Usia yang makin bertambah biasanya membuat daya tahan tubuh menurun. Kondisi tubuh yang makin tua ternyata bisa memicu serangan hipertensi. Makin tua usia Anda maka pembuluh darah akan berkurang elastisitasnya sehingga pembuluh darah cenderung menyempit. Akibatnya, tekanan darah akan meningkat.

  • Gender

Meski bisa dialami siapa saja namun pada usia 45 tahun pria lebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi. Pada usia 45 sampai 64 tahun pria dan wanita memiliki tingkat risiko yang sama. Namun, jika di atas usia itu, wanita lebih berisiko.

  • Kurang gerak

Kegiatan pasif seperti duduk atau tidur terlalu lama ditambah kurangnya olahraga cenderung meningkatkan risiko penyempitan atau penyumbatan di pembuluh darah.

  • Pola makan

Makanan yang Anda konsumsi sehari-hari bisa menjadi pemicu munculnya hipertensi. Jadi, mulai sekarang hindari makanan tinggi kalori, gula, lemak, dan garam. Perlu diketahui bahwa makanan bergaram bisa menahan banyak cairan dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan tekanannya.

  • Stres

Stres tak hanya bisa merusak mood. Saat dilanda stres produksi hormon adrenalin akan maningkat sehingga jantung memompa darah lebih cepat, akibatnya tekanan darah meningkat. Selain itu, pada saat stres biasanya pilihan makanan kita kurang baik. Kita akan cenderung melahap apa pun untuk merilekskan diri, dan itu bisa berdampak secara tidak langsung pada tekanan darah kita.