Faktor Penyebab Anemia

Dokter Sehat – Anemia atau kurang darah adalah kondisi di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam sel darah merah berada di bawah normal, sel darah merah mengandung hemoglobin yang berperan dalam mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh. Akibat dari anemia adalah transportasi sel darah merah akan terganggu dan jaringan tubuh si penderita anemia akan mengalami kekuranga oksigen guna mengahasilkan energi.



Berikut ini faktor penyebab anemia :

1. Kurang konsumsi makanan hewani
Anda harus mencukupi kebutuhan bahan makanan hewani, seperti daging ayam, kambing, dan lainnya asalkan tidak sampai berlebihan.

2. Diet yang terlalu berlebihan
Perempuan akan cemas terhadap keindahan tubuhnya bila gemuk, sehingga mereka memutuskan untuk menurunkan berat badannya dengan cara berdiet. Namun, ternyata kebiasaan tersebut sangat beresiko jika tidak dilakukan sesuai petunjuk medis, salah satunya bisa menyebabkan anemia.

3. Sejenis pantangan tertentu
Misalnya, perempuan tidak boleh mengonsumsi ikan karena dikhawatirkan bayinya bau amis. Padahal, konsumsi ikan selama kehamilan dapat membantu mencegah terjadinya anemia. Selain itu, dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi, termasuk dalam meningkatkan kecerdasan otak bayi.

Itulah beberapa penyebab yang menimbulkan penyakit anemia, faktor makanan memegang peranan yang dominan dalam menyebabkan seseorang terserang anemia atau tidak. Maka, dalam setiap harinya, sebaiknya Anda berusaha untuk mencukupi asupan makanan sehat dan bergizi. Mengonsumsi makanan sehat itu tidak perlu mahal karena banyak sumber makanan alami yang bisa didapatkan di sekitar seperti sayuran alami, hewan ternak, dan buah-buahan.