Faktor Pemicu Ketidakstabilan Gula Darah

DokterSehat.Com – Penyakit diabetes militus bisa disebabkan tidak stabilnya tingkat gula darah. Sebagai pencegahan Anda perlu mengetahui faktor pencetus ketidakstabilan gula darah. Seperti yang dilansir Onlymyhealth, berikut ini situasi yang dapat mempengaruhi naik turunnya gula darah:

doktersehat-gula-permen

1. Mengonsumsi makanan manis
Terlalu banyak mengonsumsi  makanan yang mengandung banyak gula dapat meningkatkan produksi insulin pada tubuh yang berfungsi untuk memproses gula dalam makanan tersebut.

Hal ini dapat menyebabkan membran sel lebih banyak yang membuka untuk menyerap glukosa darah ke dalam sel. Akibatnya, glukosa akan diserap dalam sel sehingga dapat mempengaruhi kadar glukosa dalam tetes darah yang bisa menyebabkan naiknya gula darah.

2. Resistensi insulin
Saat mengalami resistensi insulin, tubuh tidak mampu mendeteksi insulin dengan baik karena hanya sedikit membran sel yang terbuka. Hal ini menyebabkan glukosa dan insulin akan tatap utuh dalam darah sedangkan beberapa sel akan kekuranangan glukosa.

3. Gangguan pada pankreas
Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis juga dapat melemahkan sel-sel pankreas yang berguna melepaskan insulin dalam darah.

Sel-sel pankreas yang kelelahan tidak dapat memproduksi insulin yang dibutuhkan dalam pemrosesan glukosa sehingga mengakibatkan  ketidakseimbangan gula darah.

Untuk mencegah diabetes disarankan untuk menguji kadar gula darah sebelum makan dan beberapa jam setelah makan denga glucose meter.

Makanan bisa menjadi pencetus diabetes bila Anda tidak selektif memilihnya. Oleh karena itu, disarankan untuk menguji kadar glukosa 3-4 jam setelah mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Pengujian kadar glukosa darah tersebut dapat dijadikan sebagai barometer apakah makanan yang Anda konsumsi tadi bisa mempengaruhi kadar gula darah atau tidak.