Fakta Yang Perlu Diketahui Tentang Osteoporosis

Dokter Sehat – Seiring bertambahnya usia, kondisi fisik seseorang akan semakin lemah. Hal tersebut mengakibatkan banyak jenis penyakit yang kemudian menyerang fisik orang-orang yang usianya telah lanjut, salah satu dari penyakit tersebut adalah penyakit tulang yang disebut osteoporosis. Tampaknya penyakit ini cukup berbahaya mengingat mudahnya tulang mengalami keretakan atau patah.

6

Dilansir dari situs MayoClinic, osteoporosis adalah proses pengeroposan tulang yang membuat tulang menjadi lemah dan rapuh. Saking rapuhnya, bahkan saat batuk saja, tulang bisa retak atau patah. Hal tersebut biasanya terjadi di bagian pergelangan tangan, pinggul dan tulang belakang. Osteoporosis ini terjadi karena saat sel-sel yang lama harus diganti, sel-sel yang baru belum tersedia, sehingga terdapat ruang kosong yang kemudian menyebabkan tulang keropos.

Osteoporosis sering dipandang sebelah mata karena tidak menunjukkan gejala luar yang berarti, sampai tulang itu rapuh. Dan itu adalah awal dari sebuah kondisi yang melemahkan bahkan bisa mengancam keselamatan jiwa, tidak seorang pun dapat memastikan anda mengidapnya hanya dengan melihat keadaan anda, bahkan dengan x-ray sekalipun. jadi jika anda merasa bahwa anda beresiko terkena osteoporosis, maka scan tulang akan memberikan jawabannya. Penyakit ini biasanya menyerang wanita yang memasuki masa menopause, bahkan dalam beberapa kasus laki-laki juga terbukti mengidap penyakit tulang ini.

Ini adalah beberapa fakta penting mengenai kondisi kesehatan tulang yang harus kita ketahui :

1. Apa itu osteoporosis?
Osteoporosis adalah kondisi dimana tulang anda sangat lemah dan rapuh (dalam banyak kasus, tulang menjadi keropos). Mungkin dengan sekali jatuh atau mengalami tekanan yang lebih berat sedikit, tulang tersebut mudah patah.

2. Apakah osteopenia?
Osteopenia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan keadaan tulang anda yang tidak sekuat seperti yang seharusnya, tetapi anda belum sampai kepada tahap osteoporosis.

3. Mengapa tulang-tulang saya tidak sekuat seperti yang seharusnya?
Ada penyebabnya, mulai dari faktor keturunan, diet yang berlebihan, kekurangan nutrisi, anoreksia dan bahkan olahraga ekstrim dapat menyebabkan gejala ini.

4. Apa yang bisa saya lakukan untuk mengatasi gejala ini?
Osteoporosis dan osteopenia dapat dicegah dengan meningkatkan kekuatan tulang, memperlambat kerusakan tulang yang sudah tua dan membangun tulang baru yang kuat adalah solusinya.

5. Bagaimanana caranya?
Ada tiga hal penting yang harus anda pertimbangkan jika anda ingin meningkatkan kekuatan tulang Anda, dan itu adalah :

  • Mengkonsumsi suplemen untuk memastikan bahwa tulang anda memiliki nutrisi yang mereka butuhkan untuk membuat tulang baru yang kuat.
  • Setelah rutin latihan beban.
  • Memeriksa keseimbangan hormon anda untuk memastikan kemampuan tubuh me-regenerasi tulang yang baru.

6. Suplemen apa saja yang kita butuhkan?
Sering terjadi salah paham yang menganggap tulang hanya membutuhkan kalsium dan vitamin D saja, harus diingat bahwa tulang juga membutuhkan nutrisi, termasuk :

  • Protein (seimbang dengan lemak dan karbohidrat) dan vitamin C non-acid untuk membangun kerangka tulang yang padat.
  • Kalsium diperlukan, tetapi harus dikombinasikan dengan jumlah yang sama dari magnesium dan ini biasanya masing-masing sekitar 800 mg per hari. Jika magnesium tidak mencukupi, maka tulang tidak dapat memanfaatkan kalsium dengan benar. Dan akan mengendap dalam sendi dan arteri.
  • Boron, seng (zink) dan silika juga dibutuhkan dalam jumlah kecil seperti halnya vitamin D, vitamin K dan asam lemak Omega 3.
Baca Juga:  Benarkah Stetoskop Dapat Membawa Kuman

7.Selain latihan beban, latihan apa lagi yang cocok untuk keadaan ini?
Ini bisa merupakan olahraga apa saja yang anda sukai asalkan dilakukan dengan teratur, mungkin latihan altenatif dalam sebuah gym, tenis, menari, lompat tali, berjalan cepat dengan ransel dipunggung, yoga atau tai chi. Hampir semua latihan akan bermanfaat, jika latihan itu membuat anda lebih lentur dan seimbang maka  kecenderungan jatuh dan mengalami kecelakaan akan semakin kecil.

8. Keseimbangan hormon apa yang dibutuhkan menguatkan untuk tulang?
Banyak yang berbicara tentang estrogen dan tulang yang sehat, estrogen memang dapat memperlambat kerusakan tulang, tapi tidak dapat membantu membangun tulang baru yang kuat. Jika estrogen ditambahkan untuk memperlambat kerusakan tulang (seperti pada HRT=Hormone Replacement Terapy), masalahnya adalah ‘tulang hanya kuat’ ketika anda memakai esterogen itu. Jika Anda berhenti memakai, tulang akan kembali melemah, masalah selanjutnya adalah, anda menjadi ketergantungan mendapatkan esterogen dari luar. Jika tidak begitu, tulang anda menua dan rapuh.

9. hormon apa yang diperlukan untuk membangun tulang?
Progesteron adalah hormon yang membantu membangun tulang baru yang kuat, tapi ingat, progesterone yang dibutuhkan adalah BENTUK YANG ALAMI, bukan sintetis atau progestogen kimia yang ditemukan dalam pil kontrasepsi dan HRT.

10. Apa jenis progesteron yang saya butuhkan?
John Lee MD, pelopor penggunaan progesteron alami, dia menyarankan krim trans dermal yang dikombinasikan dengan suplemen. Dan dianjurkan melakukan beberapa latihan untuk membangun tulang baru yang kuat, saat ini ada banyak krim tersedia dipasaran, tetapi carilah yang memiliki formula aslinya dan daftar bahannya lengkap sehingga Anda dapat mengetahui tingkat progesteron tepat untuk Anda.

11. Bagaimana dengan obat untuk osteoporosis?
Dokter anda mungkin memberi resep obat-obatan seperti accutane, fosamax dan lain-lain. Obat untuk gejala osteoporosis bisa saja berbeda dengan obat osteoporosis akut, namun masalahnya sama dengan penggunaan estrogen karena obat-obatan itu hanya memiliki efek sementara. Gejala akan kembali muncul apabila anda berhenti memakainya. Jadi pada akhirnya tulang akan kembali lemah dan rapuh.

tidak panik adalah hal yang paling penting jika anda mengalami osteopenia ataupun osteoporosis, Anda bisa melakukan banyak hal untuk memperbaikinya. Ingat, tulang lama dapat dikuatkan, tulang baru dapat dibangun. John Lee membuktikan perbaikan besar pada pasien dengan menggunakan progesteron alami tidak peduli berapa usia atau bagaimanapun keadaan tulang mereka, ini bukan hanya mengenai bagaimana merawat tulang anda, tetapi bagaimana membangunnya. Ingat, tulang baru akan selalu tumbuh sepanjang hidup anda, selama kondisi tubuh anda memungkinkannya.