Fakta yang Perlu Diketahui Tentang Memelihara Anjing Pitbull

DokterSehat.Com– Telah banyak penelitian yang menunjukkan fakta bahwa memelihara anjing bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Sebagai contoh, mereka yang memiliki anjing ternyata memiliki kecenderungan untuk lebih sering berjalan-jalan atau melakukan jogging bersama dengan anjingnya sehingga tubuh mereka pun menjadi lebih sehat.



Sayangnya, kasus naas yang menimpa Ramisya Bazigha, bocah berusia 8 tahun dari Malang, Jawa Timur yang tewas karena digigit oleh anjing pitbull peliharaan keluarganya membuat banyak orang yang kemudian bertanya-tanya, apakah memelihara anjing, khususnya anjing pitbull sangat berbahaya?

Bersahabat
Meskipun memiliki rupa yang cenderung kuat, berotot, dan menakutkan, dalam realitanya anjing pitbull termasuk dalam golongan anjing yang sangat suka dengan keberadaan manusia. Memang, sebagian anjing pitbull bisa dilatih untuk keperluan menyerang manusia, khususnya untuk menangkap para penjahat atau pelaku kriminal. Namun, anjing pitbull termasuk dalam anjing yang sangat setia dan bersahabat bagi manusia.

Apakah berbahaya bagi anak-anak?
Anjing pitbull ternyata sangat suka dengan anak kecil dan anak anjing. Ada kecenderungan anjing pitbull akan langsung mengajak anak kecil atau anak anjing bermain saat berada dekat dengan mereka.

Mengapa bisa menggigit dengan kuat?
Anjing pitbull memang dikenal sebagai anjing yang memiliki gigitan yang sangat kuat dan tidak bisa dilepaskan. Hal ini ternyata bukan disebabkan oleh determinasinya yang sangat tinggi andai ingin menggigit sesuatu. Secara struktur tulang, anjing pitbull sebenarnya sama dengan anjing lainnya. Hanya saja, jika anjing pitbull sudah memiliki keinginan untuk menggigit sesuatu, maka Ia tidak akan melepaskannya sampai keinginannya terwujud atau diperintah oleh majikannya untuk melepaskannya.

Kasus kematian yang menimpa Ramisya Bazigha membuat banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana anjing yang dikenal sangat bersahabat ini bisa sampai tega menggigit salah satu anggota keluarga majikannya. Ada dugaan bahwa sang anjing stress karena terlalu lama diikat. Ada pula dugaan bahwa sang anjing tidak dipelihara dengan baik oleh majikannya sehingga akhirnya bisa menyebabkan tragedi ini.