Fakta yang Anda Tidak Ketahui Mengenai Radikal Bebas

DokterSehat.Com – Kita tentu sering mendengar iklan berbagai produk minuman yang menjanjikan khasiat berupa mampu menjaga tubuh dari radikal bebas. Apakah sebenarnya radikal bebas itu? Orang awam sering mengkaitkan radikal bebas sebagai polusi yang bisa membuat kesehatan tubuh menjadi lebih buruk. Memang, radikal bebas bisa mendatangkan banyak sekali penyakit, hanya saja, radikal bebas ternyata tidak selalu berasal dari luar tubuh. Radikal bebas sendiri bisa berasal dari proses alami di dalam tubuh dimana sebagian kecil dari sel tubuh akan mengalami kerusakan dan menjadi radikal bebas yang tentu akan memberikan masalah bagi tubuh. Sel yang mengalami kerusakan ini biasanya hanya berkisar 1 hingga 2 persen dari seluruh jumlah sel tubuh. Sayangnya, meskipun kecil, radikal bebas bisa membuat kerusakan yang signifikan jika tidak diimbangi dengan antioksidan.

doktersehat-meditasi-lingkungan-udara

Radikal bebas sendiri membuat kerusakan pada sel-sel tubuh yang masih baik dan bisa membuat perubahan DNA. Kinerja organ tubuh pun bisa menjadi tidak seimbang dan terganggu sehingga tubuh berada dalam kondisi stress oksidatif yang jika dibiarkan begitu saja, maka tubuh bisa terkena penyakit berbahaya layaknya masalah tekanan darah tinggi, kanker, penyempitan pembuluh darah, penyakit jantung dan stroke, penyakit alzheimer, gangguan pernafasan, dan berbagai masalah lainnya.

Selain mampu mendatangkan berbagai macam penyakit, radikal bebas juga bisa memicu kerusakan sel yang akan membuat penuaan diri dalam tubuh menjadi semakin cepat terjadi. Kondisi ini bisa mudah didapatkan tubuh jika tubuh juga terkena radikal bebas dari luar layaknya dari polusi udara baik itu asap rokok, asap kendaraan, hingga berbagai polutan yang larut dalam udara. Selain itu, pola makan yang tidak sehat dengan mengkonsumsi minuman keras dan makanan yang terkena pestisida dan terkena bahan-bahan berbahaya, maka radikal bebas pun akan semakin banyak berada di dalam tubuh.

Baca Juga:  Sakit Pada Area Ketiak Kiri

Kita tentu harus mengimbangi radikal bebas dengan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung antioksidan layaknya buah-buahan atau sayur segar yang bebas dari berbagai bahan kimia dan pestisida. Banyak pakar juga berkata bahwa minuman sehat layaknya teh juga bisa berfungsi sebagai antioksidan yang sangat baik bagi tubuh manusia.