Fakta Tentang Test Pack Ini Wajib Kita Ketahui

DokterSehat.Com – Mendapatkan keturunan adalah salah satu kabar yang paling membahagiakan bagi pasangan suami istri. Untuk mengetahui apakah istri berhasil mendapatkan kehamilan atau tidak, pasangan biasanya akan menggunakan test pack. Peralatan dengan ukuran yang mungil ini memang cukup akurat dalam memberitahukan kehamilan atau tidak. Hanya saja, sebelum menggunakannya, ada baiknya kita mengetahui beberapa fakta tentang test pack seperti sebagai berikut.

doktesehat-tes-kehamilan-test-pack

Test pack mahal dan murah ternyata sama saja
Banyak pasangan yang berpikir jika semakin mahal test pack, maka semakin akurat pula hasil yang didapatkan dalam menunjukkan kehamilan. Padahal, kualitas test pack cenderung sama saja meskipun memiliki harga yang berbeda-beda. Yang menentukan keakuratan hasil test pack justru adalah waktu saat kita menggunakannya.

Kapan waktu terbaik dalam menggunakan test pack?
Mengingat kualitas test pack cenderung sama, maka kita tinggal memilih test pack yang sepertinya cocok dengan kebutuhan kita saja. Hanya saja, pastikan untuk menggunakannya di waktu yang tepat, yakni pada saat buang air kecil pertama kali setelah bangun tidur. Menurut pakar kesehatan, pada saat inilah hormon kehamilan berada dalam kadar paling tinggi sehingga kita bisa dengan pasti menentukan kondisi hamil atau tidak. Andai kita menggunakan test pack ini di waktu lain, bisa jadi hasil yang didapatkan akan berbeda dan tidak akurat.

Hasil positif biasanya sangat akurat
Banyak pasangan yang sudah mendapati hasil positif berupa dua garis pada test pack namun masih belum yakin dengan keakuratannya dan memilih untuk bertanya pada dokter kandungan. Padahal, jika hasil test pack sudah menandakan positif hamil, maka hal ini biasanya sangat akurat dan jarang sekali ditemukan kesalahan.

Test pack memiliki masa kadaluwarsa
Layaknya makanan atau minuman yang kita konsumsi, test pack ternyata juga memiliki masa kadaluwarsa. Pastikan untuk melihat label test pack terlebih dahulu sebelum dibeli karena andai yang kita gunakan adalah yang sudah kadaluwarsa, maka tentu hasil testnya tidak akan akurat.