3 Fakta Mengenai Otot yang Harus Anda Ketahui

doktersehat-fakta-otot
photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Fitnes adalah sebuah aktivitas membentuk otot pada tubuh yang dilakukan secara rutin dan berkala. Kemudian, tujuan akhir dari fitnes adalah mendapatkan tubuh yang bugar dan terbentuk, alias kekar. Jadi, inti dari fitnes itu sendiri adalah otot. Sebab, ototlah bahan dasar yang dikelola dalam setiap latihan kebugaran atau fitnes.

Nah, sebelum memulai latihan fitnes, alangkah baiknya Anda mengetahui beberapa fakta tentang otot. Sebab, dengan mengetahui fakta-fakta tentang otot, maka Anda bisa memperlakukan otot dengan baik saat latihan sehingga bisa memaksimalkan proses pembentukan otot tubuh. Lantas, apa saja fakta dari otot? Berikut diantaranya:

1. Berkembang Saat Tidur

Mungkin Anda tidak tahu fakta mengejutkan ini bukan? Ya, otot pada tubuh Anda akan mengembang dengan sendirinya ketika Anda tertidur pulas. Maka dari itu, setiap orang yang usai melakukan latihan, disarankan untuk langsung pergi ke rumah agar mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Sebab, saat sedang tertidur, otot akan dialiri darah lebih banyak. Selain itu, hormon akan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak akibat latihan yang melelahkan.

2. Otot Bisa Menghilang

Ketika sudah susah payah membentuk otot, lantas ujung-ujungnya harus menghilang, sayang sekali. Tapi begitulah faktanya, otot bisa menyusut dan menghilang dari tubuh seseorang. Namun, itu terjadi ketika Anda berhenti total dalam latihan kebugaran. Tapi Anda jangan khawatir, selagi masih aktif berolahraga, walaupun bukan fitnes, otot tersebut masih akan tetap menghuni tubuh Anda.

3. Otot Bisa Membakar Kalori

Memang terdengar sedikit aneh ketika otot bisa membakar kalori. Tapi walau terkesan aneh, itu adalah fakta. Bahkan, dari beberapa hasil penelitian mengatakan bahwa otot bisa membakar kalori lebih baik daripada organ lainnya dikarenakan otot memiliki sifat metabolically active. Namun, bekerjanya otot dalam membakar kalori pada saat Anda sedang istirahat.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik