Wah, Inilah Fakta Tentang Makanan yang Wajib Anda Ketahui

doktersehat makanan manis
Photo credit: Pexels by Ash

DokterSehat.Com- Makanan memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah memberikan energi yang nantinya akan digunakan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Namun, selain bisa memberikan manfaat, ternyata makanan juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan, sehingga seseorang diharuskan untuk pintar memilih makanan apa saja yang baik serta yang buruk untuk tubuh.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa fakta mengenai makanan yang wajib Anda ketahui, sebab bisa bermanfaat dalam mengubah pola makan Anda.

  • Pizza Membahayakan Kesehatan Jantung

Selama ini, mungkin Anda sudah tahu mengenai dampak buruk ketika terlalu sering mengonsumsi junk food, salah satunya adalah pizza. Akan tetapi, meskipun bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan, nyatanya pizza cukup populer dan digemari oleh banyak orang. Rasanya yang lezat membuat setiap penikmatnya merasa ketagihan dan ingin menikmatinya terus menerus. Padahal, dalam sepotong pizza mengandung kurang lebih 600mg garam. Jumlah tersebut 3 kali lebih banyak dibanding dengan asupan garam harian yang dibutuhkan, yakni hanya sekitar 200mg per hari. Dengan tingginya jumlah garam dalam pizza tersebut, maka risiko penyakit jantung akan semakin meningkat. Oleh sebab itu, kurangi konsumsi pizza, atau jika memungkinkan, berhentilah mengonsumsi makanan tidak sehat tersebut dan gantilah dengan makanan yang bernutrisi.

  • Buah Beku

Tidak perlu diragukan lagi bahwa buah-buahan memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Umumnya, Anda akan mengonsumsi buah dalam kondisi masih segar karena Anda percaya bahwa dandungan nutrisi dan vitamin di dalam buah segar lebih banyak. Sehingga Anda akan menghindari mengonsumsi buah beku atau buah yang telah didinginkan. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, sebab buah beku juga memiliki kandungan nutrisi dan vitamin sama banyak dengan buah segar. Hal ini dikarenakan, nutrisi dan vitamin dalam buah tidak akan berubah meskipun dipengaruhi oleh suhu.

  • Saus Menggunakan Baha Kimia

Anda penggemar saus? Mulai sekarang sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam memilih saus sebagai teman makan Anda. Pasalnya, ada saus yang menggunakan bahan kimia yang juga digunakan dalam tabir surya. Tentu saja hal tersebut snagat berbahaya untuk kesehatan, bukan? Untuk itu, pastikan bahwa Anda memilih saus yang benar dengan membaca daftar kandungan pada label kemasan terlebih dahulu.