Fakta Seputar Kehamilan, dari Rambut Sampai Perut

DokterSehat.com – Berkembangnya berbagai mitos seputar kehamilan terkadang menimbulkan kesimpangsiuran. Misalnya saja, wanita hamil tidak boleh membunuh binatang, bila dilanggar hal ini akan berdampak buruk pada janin yang dikandung. Sebenarnya kondisi janin tergantung dari makanan yang dikonsumsi ibu dan faktor lain yang tak kalah pentingnya.



Bagi wanita yang sedang mengandung untuk pertama kalinya sebaiknya jangan bingung dengan berbagai mitos yang beredar. Untuk menambah wawasan Anda seputar kehamilan, berikut ini fakta-fakta seputar kehamilan yang mungkin akan Anda alami selama kehamilan atau setelah melahirkan.

Rambut tumbuh dengan cepat dan bersinar

Kondisi ini seringkali tidak disadari oleh wanita yang sedang hamil, bila diperhatikan Anda akan mendapati rambut yang lebih tebal dan bersinar. Saat hamil rambut tidak akan mengalami kerontokan sehingga volume rambut akan terlihat lebih tebal. Pertumbuhan rambut yang lebih cepat juga memicu bertambahnya volume rambut. Karena itulah, banyak wanita hamil yang memilih memangkas rambutnya hingga pendek agar tidak gerah.

Rambut Kembali rontok setelah melahirkan

Setelah melahirkan banyak wanita yang akan mengalami kerontokan kembali. Rambut indah yang tebal dan bersinar alami pun tak bisa dinikmati lagi, bahkan ada beberapa wanita yang mengalami kerontokan hebat hingga hampir botak. Kondisi ini wajar dialami paska melahirkan. Jangan khawatir, rambut akan kembali tumbuh secara berangsur-angsur. Kerontokan itu mungkin terjadi karena tubuh Anda mulai beradaptasi lagi setelah melalui proses panjang kehamilan sampai persalinan.

Perubahan kondisi kulit

Ada dua kemungkinan perubahan kulit selama kehamilan yang bisa terjadi. Bisa jadi kulit menjadi makin halus atau mungkin kulit menjadi berjerawat akibat reaksi hormon kehamilan yang sensitif. Kulit akan normal kembali setelah beberapa bulan paska melahirkan.

Baca Juga:  Kulit Bercahaya dengan Scrub Beras

Terdapat guratan panjang di perut

Setelah melahirkan wajar saja bila di perut Anda terlihat guratan vertikal dari pusar ke bawah. Anda tidak perlu merasa khawatir karena kondisi ini wajar dialami wanita paska melahirkan. Meski proses persalinan berlangsung normal tanpa operasi, tetap saja guratan muncul di perut Anda.

Perut besar setelah melahirkan

Normal saja bila perut Anda melar setelah melahirkan. Selama berbulan-bulan kulit perut merenggang sehingga perut Anda yang semula langsing akan terlihat kendur seusai melahirkan.