Fakta Otot Yang Tidak Kita Ketahui

Dokter Sehat – Tahukah kamu ? Otot yang merupakan salah satu fungsi yang sangat esensial untuk kita hidup ini ternyata juga mempunyai banyak fakta-fakta menarik yang tidak kamu ketahui, nah, untuk itu agar kamu tidak penasaran lagi seperti apa fakta-fakta tersebut . Yuk, kita simak langsung penjelasan yang berikut ini mengenai 6 Fakta otot yang tidak kamu ketahui :



1.Otot terkuat tidak hanya satu
Pernah mendengar bahwa lidah adalah otot terkuat? Ya, penyebabnya karena lidah mempunyai elastisitas dan kekuatan yang besar. Sangat mengagumkan, bukan? Meski demikian, Live Science menjelaskan bahwa ada banyak cara untuk mengukur kekuatan otot dan menentukan otot mana yang paling kuat, otot betis misalnya, ia juga mendapat gelar otot terkuat karena menghasilkan gaya paling besar. Sementara itu otot rahang juga bisa mendapat gelar sebagai otot terkuat karena memiliki gaya tekan paling besar. Jadi, otot terkuat bukan hanya lidah saja.

2.Otot bertumbuh saat tidur lelap
Merasa sangat lelah setelah berolahraga? Cobalah tidur untuk mengobatinya, ketika memasuki tahap tidur lelap otot tubuh menjadi rileks dan aliran darah ke otot meningkat.

Menurut National Sleep Foundation, ketika tidur lelap, tubuh melepas hormon yang berfungsi untuk memacu perkembangan otot. Akibatnya otot bertumbuh dan otot yang rusak bisa diperbaiki. Namun tanpa tidur yang cukup, jangan berharap otot Anda bisa tumbuh mengesankan meski rajin berolahraga.

3.85% panas tubuh dihaslkan oleh otot
Bukan hanya lemak yang bisa menghangatkan tubuh, otot juga bisa. Menurut National Cancer Institute, otot melepas panas ketika berkontraksi, panas yang dilepaskan oleh kontraksi otot tersebut cukup untuk membuat tubuh merasa hangat. Itulah mengapa saat kedinginan kita menggigil, karena otak memerintahkan otot berkontraksi sehingga tubuh tetap hangat.

Baca Juga:  Imunisasi Ulang Menjadi Solusi Bagi Anak Yang Mendapatkan Vaksin Palsu

4.Otot yang terbentuk tidak mudah hilang
Berhenti berlatih hanya akan menghilangkan setengah massa otot yang didapat, sedangkan untuk menghilangkan seluruh massa otot yang telah dibentuk, membutuhkan waktu dua kali lebih lama dibanding waktu pembentukannya.

Sebuah studi yang dilansir Fitnes Magazine mengemukakan bahwa pelatihan angkat beban selama dua bulan dapat meningkatkan 47% kekuatan otot, setelahnya, bersantai selama dua bulan hanya menghilangkan 23% kekuatan, atau setengahnya saja.

5.Otot bakar lebih banyak kolari disbanding lemak
Dalam satu hari, jumlah kalori yang mampu dibakar oleh tubuh tanpa melakukan aktivitas berat bergantung pada komposisi otot tubuh. Metabolisme otot lebih aktif dibanding lemak, artinya otot mampu lebih banyak membakar lebih banyak kalori dibanding lemak meski kita hanya beristirahat seharian. LA Times melaporkan, dalam satu hari 500 gram otot mampu membakar enam kalori, sedangkan lemak hanya dapat membakar 2 kalori.

6.35-40% masa tubuh adalah otot
Tubuh mempunyai tiga tipe otot yakni otot rangka, otot jantung, dan otot polos. Otot-otot itu tersebar di seluruh tubuh. Yang paling menakjubkan, ada sekitar 650 lapisan otot rangka dalam tubuh manusia. Itu menjelaskan mengapa 35 hingga 40 persen massa tubuh diperoleh dari massa otot.