Fakta Mengenai Kesehatan Area Kewanitaan

DokterSehat.Com – Baik pria maupun wanita, menjaga kesehatan organ vitalnya adalah hal yang harus dilakukan setiap hari. Kebersihan pada area organ vital bisa menjaga kesehatan dan kemampuan reproduksi dengan baik. Bagi kaum wanita sendiri, menjaga kesehatan area kewanitaan harus dilakukan dengan tepat mengingat setiap bulannya wanita juga mengalami siklus menstruasi. Berikut adalah beberapa fakta mengenai kesehatan pada area kewanitaan yang perlu kita ketahui.

doktersehat-kista-kanker-ovarium-Kanker-Amenore-Siklus-Menstruasi-yang-Terhenti

Pakar kesehatan menyebutkan jika area kewanitaan berada dalam kondisi yang sehat dan normal jika tidak mengeluarkan bau tidak sedap dan mengeluarkan cairan yang cenderung bening tanpa adanya warna atau cenderung pekat layaknya putih telur. Pada masa subur wanita, kepekatan cairan ini akan cenderung lebih besar dan hal ini masih dianggap hal yang normal. Keputihan sendiri bisa terjadi pada setiap organ kewanitaan dan asalkan tidak mengeluarkan warna atau bau yang mencurigakan, maka area kewanitaan dalam kondisi yang sehat.

Area kewanitaan jelas harus dibersihkan setiap hari. Wanita bisa membersihkannya dikala mandi dengan adanya gosokan yang lembut dari arah depan ke belakang dengan sabun kebersihan khusus dengan pH yang cocok dengan pH area kewanitaan. Pastikan bahwa sabun kebersihan ini juga tidak berbahan antiseptik yang keras yang bisa menimbulkan iritasi. Setelah itu, pastikan anda menggunakan celana dalam berbahan katun yang bisa menyerap keringat dan menjaga kelembaban area kewanitaan dengan baik. Selain itu, celana yang ketat juga sangat tidak disarankan karena bisa menimbulkan gesekan dan juga tingkat kelembaban berlebihan pada area kewanitaan.

Kaum hawa juga harus berhati-hati dalam menggunakan toilet. Baik itu toilet pribadi di dalam rumah atau di tempat umum. Hal ini dikarenakan kecenderungan wanita untuk buang air dengan posisi area kewanitaan yang lebih dekat dengan saluran pembuangan toilet. Pastikan toilet dalam keadaan yang bersih dan higienis. Andai anda tidak begitu yakin dengan kebersihan toilet, khususnya pada toilet duduk, anda bisa memakai tissue sebagai pelapis pada dudukan toilet untuk menghindari kotoran menempel pada area kewanitaan anda.