Fakta Mengejutkan Tentang Payudara Wanita

DokterSehat.Com – Baik pria maupun sama-sama memiliki bagian tubuh yang satu ini, namun payudara perempuan lebih punya daya tarik ketimbang milik pria. Dibalik pembahasan mengenai cara merawat dan memeriksa kesehatan payudara serta fungsinya. Ada fakta lain tentang payudara perempuan yang bisa jadi mengejutkan Anda :



  • Sekitar 85 persen wanita menggunakan bra yang ukurannya tidak sesuai dengan payudaranya, sebagian wanita bahkan membeli bra yang ukurannya lebih besar dari payudaranya.
  • Sebagian besar wanita tidak puas dengan ukuran payudaranya. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Sexual Health, 70 persen wanita merasa tidak puas dengan ukuran payudaranya. Ladies, jika Anda merasa tidak puas dengan ukuran payudara Anda, berarti Anda tidak sendiri.
  • Sebuah penelitian pada tahun 2006 menyebutkan bahwa 80 persen wanita mengungkapkan bahwa boob-play(sentuhan atau pijatan pada payudara saat berhubungan intim) lebih mudah dan cepat membuat mereka merasa bergairah.
  • Menurut penelitian terbaru di Inggris, satu dari tiga pelari maraton wanita mengalami sakit di bagian payudara saat berolahraga. Jadi, seorang wanita menganggap lumrah sakit di bagian payudara saat berolahraga.
  • Payudara bisa bergerak sampai sejauh 8 inci. Ketika Anda lari, payudara Anda bisa bergerak tidak hanya naik turun tetapi juga ke samping. Bahkan, payudara bisa bergerak sampai sejauh delapan inci (berdasarkan penelitian di Inggris) dari tempatnya. Inilah pentingnya memakai sports bra yang tepat saat berolahraga.
  • Bisakah Anda menebak berapa ukuran payudara yang terbesar? Menurut Guinness World Record, payudara alami terbesar yang pernah ada adalah pada tahun 1999, yaitu dengan ukuran 70 inci.
  • Ukuran payudara sebelah kanan tidak selalu sama dengan ukuran payudara sebelah kiri. Berdasarkan buku Breasts: A Natural and Unnatural History oleh Florence Williams, rata-rata ukuran salah satu payudara itu seperlima lebih besar daripada ukuran payudara yang satunya.
  • Operasi pembesaran payudara (breast augmentation) masih banyak diminati oleh para wanita. Menurut American Society of Plastic Surgeons, pada tahun 2012 lalu operasi pembesaran payudara adalah operasi plastik yang paling banyak diminati. Pada tahun tersebut, ada sekitar 286.000 pasien yang melakukan operasi pembesaran payudara.
  • Mary Phelps Jacob mendapatkan hak paten untuk backless brassiere pada tahun 1914, tetapi Ida Rosenthal dan suaminya William, pendiri Maidenform menciptakan bra dengan standar ukuran yang masih dipakai sampai sekarang itu ada pada tahun 1920.
  • Orgasme pada wanita bisa dicapai dengan mudah melalui puting payudara. Ini disebut dengan nipplegasms.