Fakta Medis Dibalik Buang Angin

DokterSehat.Com – Buang angin atau kentut kerap kali dianggap sebagai perbuatan yang sangat tidak sopan jika dilakukan di tempat umum. Banyak orang yang merasa dirugikan karena bau kentut yang tidak sedap ini. Padahal, buang angin adalah salah satu proses kesehatan yang cukup baik bagi tubuh. Bagaimanakah proses dari pembentukan buang angin?

doktersehat-pantat-kentut

Tahukah anda darimana asalnya bau yang menyengat dari kentut yang kita buang? Bau menyengat ini ternyata berasal dari proses alamiah tubuh setelah berhasil mencerna makanan. Gas kentut ini sendiri adalah hasil dari proses pencernaan yang berasal dari oksigen yang kita hirup, adanya proses kimiawi dan pencernaan dalam usus yang menimbulkan gas, dan adanya bakteri yang juga membantu proses pencernaan dan memproduksi gas ini. Kandungan gas yang diproduksi pada sistem pencernaan kebanyakan adalah nitrogen, metana, atau bahkan karbondioksida. Gabungan dari gas-gas tersebut tentu akan membuat kentut menjadi hal yang berbau sangat tidak sedap dan dianggap tidak sopan untuk dilakukan di depan orang lain.

Gas kentut yang kita buang ini ternyata memiliki jumlah yang berbeda-beda dan tergantung dari banyak sakali faktor layaknya makanan apa yang kita makan, gas oksigen yang dihirup, hingga jenis bakteri yang ada di saluran pencernaan. Jangan salah, makanan juga banyak yang mengandung gas sehingga mempengaruhi besarnya gas kentut. Tahukah anda, menahan gas kentut ternyata bisa memberikan dampak bagi tubuh berupa rasa yang kurang nyaman pada perutnya. Usus biasanya akan menjadi lebar karena gas yang tertahan dan jika hal ini dibiarkan, kita bisa mengalami susah buang air besar. Gas yang tertahan pada usus dalam jangka waktu yang lama ternyata bisa memasuki pembuluh darah dan akhirnya dialirkan ke seluruh tubuh sehingga akan kurang baik bagi kondisi tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga:  Mana Yang Lebih Baik, Susu Murni Atau Susu Pasteurisasi?

Meskipun terlihat menjijikkan, buang angin ternyata adalah hal yang sangat normal dan justru memberikan kebaikan untuk kesehatan kita. Kentut adalah tanda jika usus melakukan fungsinya dengan normal. Anda pasti pernah mendengar fakta dimana orang-orang yang baru melakukan operasi baru diperbolehkan makan atau minum justru jika Ia sudah bisa buang angin, bukan? Maka, bersyukurlah jika anda masih bisa kentut dengan lancar. Namun ingat, jangan lakukan kegiatan ini di depan orang banyak dan menyingkirlah segera agar anda tidak perlu menahan kentut lebih lama.