Fakta-Fakta Yang Menunjukkan Kita Sebaiknya Berhenti Mengkonsumsi Minuman Bersoda

DokterSehat.Com – Minuman bersoda atau minuman ringan sangatlah identik dengan minuman yang sangat segar, apalagi jika diminum saat kita haus. Banyak anak remaja dan orang dewasa yang menyukai minman bersoda. Dari data yang dikeluarkan oleh National Health and Nutrition Examination sendiri, pada tahun 2005-2008 saja setidaknya separuh warga Amerika Serikat mengkonsumsi minuman bersoda setiap hari. Bahkan, seperempat diantaranya mengkonsumsi lebih dari 12 ons bahan cola setiap harinya dan menjadi pecandu soda.

doktersehat-minuman-kaleng-bir-soda

Meskipun menyegarkan, minuman bersoda ternyata sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Pakar kesehatan menyebutkan jika konsumsi minuman soda berlebihan akan membuat kita memiliki resiko besar terkena masalah obesitas. Meskipun minuman ini berlabel soda diet, resiko terkena masalah obesitas tetaplah tinggi. Minuman bersoda juga dikenal mampu meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes yang sangat berbahaya dan meningkatkan resiko terkena masalah asam lambung.

Dari berbagai penelitian, diketahui jika minuman bersoda ternyata ternyata mampu meningkatkan tekanan darah. Padahal, tekanan darah yang tinggi bisa berimbas pada resiko terkena penyakit jantung atau bahkan gagal jantung. Pakar kesehatan bahkan menyebtukan jika resiko terkena serangan jantung dan stroke meningkat tajam. Jika seorang wanita mengkonsumsi lebih dari 2 porsi minuman bersoda setiap harinya, maka Ia pun memiliki resiko terkena serangan jantung hingga 40 persen.

Minuman bersoda ternyata juga sangat tidak baik bagi kesehatan tulang dan gigi. Adanya kandungan asam sitrat bisa membuat enamel gigi kita mudah rusak dan pada akhirnya memicu masalah gigi berlubang. Selain itu, soda dikenal luas membuat masalah bau mulut. Kandungan asam fosfat pada soda ternyata akan membaut penyerapan kalsium tubuh terhambat dan pada akhirnya tulang kita pun beresiko mudah mengalami pengeroposan atau osteoporosis.

Baca Juga:  Tips-Tips Sederhana Mencegah Kanker Payudara

Dengan adanya resiko-resiko kesehatan ini, kita tentu sebaiknya mulai menghindari minuman bersoda. Meskipun tidak senikmat minuman bersoda, asupan air putih jelas menjadi asupan yang paling sehat bagi kesehatan tubuh kita.