Es Batu Bisa Mengatasi Cedera?

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah melihat atlet atau orang-orang yang baru saja mengalami cedera saat berolahraga atau melakukan aktifitas lainnya yang mengompres bagian tubuh yang terasa nyeri karena cedera dengan es batu. Sebenarnya, apakah es batu memang mampu membantu pemulihan cedera?

doktersehat-kaki-lutut-sakit-amputasi-perban-gips-nyeri

Laman kesehatan boldsky.com mempublikasikan hasil penelitian yang dilakukan untuk mengetahui cara kerja es batu dalam mengatasi cedera. Hasilnya adalah, suhu dingin yang ada dalam es batu ini ternyata mampu membatasi sirkulasi darah yang menuju bagian tubuh yang sakit. Hal ini bisa membuat peradangan dan pembengkakan berkurang sekaligus mematikan rasa nyeri untuk sementara.

Meskipun terlihat sangat bermanfaat, para peneliti justru menyebutkan bahwa cara kerja es dalam mengatasi cedera ini justru kurang baik jika diaplikasikan untuk penyembuhan luka. Adanya peradangan yang muncul saat tubuh sedang cedera memang terlihat sangat buruk karena bisa memicu rasa sakit, pembengkakan, atau warna biru pada kulit. Hanya saja, peradangan ini sebenarnya adalah cara alami tubuh dalam menyembuhkan luka. Peradangan ini sangat diperlukan untuk memperbaiki jaringan sehingga jika peradangan justru dihentikan, proses penyembuhan luka juga otomatis ikut terhenti.

Selain dampak itu, es batu juga dianggap mampu menghambat aliran cairan limfatik yang sangat diperlukan untuk menyembuhkan luka serta menurunkan koordinasi, kekuatan, hingga kecepatan beberapa jenis otot yang tentu akan membuat bagian tubuh kita tida leluasa dengan bergerak.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak perlu khawatir saat melihat bagian tubuh kita yang cedera mengalami pembengkakan atau peradangan mengingat hal tersebut sangat normal terjadi. Jangan terlalu gegabah untuk langsung memberikan es batu dan berikanlah saat kondisi darurat saja agar proses penyembuhan luka dan cedera bisa berlangsung dengan baik.