Eritema Nodosum – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Eritema nodosum adalah tipe peradangan kulit yang terjadi di lapisan lemak kulit. Eritema nodosum berbentuk kemerahan, nyeri, dan ada benjolan lunak yang seringkali terjadi di tungkai kaki depan, di bawah lutut. Benjolan lunak, atau nodul dari eritema nodosum berukuran beragam. Penyakit ini akan mengenai kulit kurang lebih selama beberapa minggu, kemudian akan mengering dan menjadi datar, meninggalkan bekas seperti memar.

doktersehat-kulit-tangan-halus-kesehatan-skin-Eksim-Nummular-Dermatitis-Erisipeloid-Eritema-Nodosum-ichtyosis-lamellar-panu-impetigo-aquagenic-urticaria

Eritema nodosum dapat hilang sendiri dalam 3–6 minggu. Setelah hilang, maka kulit akan tampak seperti memar temporer atau lekukan kronik di kulit di mana lapisan lemaknya terkena.

Eritema nodosum kronik merupakan kondisi lesi yang muncul di area lain, dalam periode beberapa minggu sampai bulan. Namun, eritema nodosum kronik yang aapat berlangsung selama bertahun-tahun dalam pola lain. Eritema nodosum kronik biasanya berulang dan dapat diobati jika penyakit utama yang mendasarinya diatasi.

Apa yang Menyebabkan Eritema Nodosum?
Eritema nodosum dapat terjadi dengan atau tanpa kondisi medis lain. Kondisi yang terkait dengan eritema nodosum termasuk obat-obatan (obat-terkait sulfa, pil KB, estrogen), radang tenggorokan, penyakit jamur, infeksi mononucleosis, sarkoidosis, penyakit Behcet, penyakit radang usus (penyakit Crohn dan kolitis ulserativa) , dan kehamilan normal.

Bagaimana Eritema Nodosum Didiagnosis?
Dokter pertama akan melakukan pemeriksaan fisik ruam. Namun, biopsi – prosedur di mana bagian kecil dari kulit yang terkena diambil untuk diperiksa lebih teliti – biasanya diperlukan untuk mengkonfirmasi diagnosis eritema nodosum.

Bagaimana Eritema Nodosum Diperlakukan?
Eritema nodosum awalnya dikelola dengan mengidentifikasi dan mengobati kondisi yang mendasari, bersama dengan lesi kulit.

Pengobatan untuk eritema nodosum termasuk obat anti-inflamasi, dan kortison melalui mulut atau injeksi. Colchicine yang kadang-kadang digunakan secara efektif untuk mengurangi peradangan. Pengobatan harus disesuaikan untuk pasien tertentu dan gejalanya. Penting untuk dicatat bahwa eritema nodosum, menjengkelkan dan sering menyakitkan, tidak mengancam organ internal dan prospek jangka panjang umumnya sangat baik.