Penderita Epilepsi Jangan Menonton Film The Incredibles 2

the_incredibles_2_doktersehat_2
Photo Source: Flickr/Loren Javier

DokterSehat.Com– Setelah 14 tahun, film sekuel The Incredibles akhirnya kembali tayang. Sayangnya, dibalik euforia penggemar film superhero keluarga ini, banyak orang yang mengeluhkan adanya kemungkinan bahaya dari banyaknya kilatan cahaya yang muncul dari film ini yang bisa memicu efek kejang-kejang bagi penderita epilepsi.

Dilansir dari Fox News, pengguna Twitter Veronica Lewis menyarankan orang-orang dengan masalah epilepsi, migraine, dan penyakit kronis untuk tidak menonton film ini di bioskop yang gelap karena akan mendapatkan banyak sekali kilatan cahaya yang bisa memicu kejang-kejang. Saran Veronica langsung viral di media sosial dan telah dibagikan lebih dari 10 ribu kali.

“Aku bukannya bermaksud memboikot atau menghancurkan promosi film ini, namun aku berharap Disney dan Pixar yang memproduksi film ini juga mengeluarkan peringatan bagi penderita epilepsi dan masalah kesehatan lainnya yang akan menonton film ini,” ucap Veronica.

The Epilepsy Foundation langsung merespons cuitan Veronica dan meminta Disney untuk mengeluarkan peringatan bagi para penonton tentang adanya bahaya saat menonton film ini.

“Seharusnya ada peringatan bagi mereka dengan masalah epilepsi sensitif atau migraini karena 3 persen dari penderita epilepsi akan mengalami kejang-kejang jika terkena kilatan cahaya atau pola-pola lainnya. Kondisi ini disebut sebagai photosensitive epilepsy dan lebih sering menyerang anak-anak atau mereka yang masih dalam masa puber,” ungkap perwakilan yayasan tersebut.

Disney selaku produsen dari film ini ternyata mendengarkan saran dari Veronica. Mereka kemudian memasang tanda di depan bioskop di seluruh Amerika Serikat yang menunjukkan adanya bahaya paparan cahaya dari film The Incredibles 2 yang bisa saja berbahaya bagi penderita masalah kesehatan tertentu.

Banyak orang yang memuji kepedulian Disney akan hal ini dan tidak hanya mementingkan keuntungan semata. Film ini pun tetap meraup keuntungan yang luar biasa di minggu penayangannya di bioskop di seluruh Amerika Serikat.