Enam Tahun, Usia Terbaik Anak Mulai Diajak Menonton Film di Bioskop

DokterSehat.Com – Akhir pekan telah tiba. Andai kita memiliki anak-anak di rumah, mereka tentu akan meminta kita untuk pergi ke suatu tempat atau setidaknya ingin menghabiskan waktu bersama-sama. Salah satu tempat yang cukup banyak diminati oleh anak-anak adalah gedung bioskop karena di tempat inilah, anak-anak dan orang tuanya bisa menikmati berbagai film yang cukup menghibur. Namun, sebagaimana kita ketahui, menonton film di bioskop berarti membuat anak-anak menghadapi suasana yang sangat gelap, suara yang sangat keras, suhu yang dingin, dan layar yang sangat besar dan terang. Padahal, anak-anak cenderung lebih sensitif pada suara, cahaya, atau bahkan gerakan pada layar. Agar tidak mengalami masalah kesehatan, pada usia berapakah sebenarnya anak-anak bisa diajak menonton film di bioskop?



Psikolog bernama Carmelia Riyadhni yang berasal dari Rumah Dandelion menyebutkan jika usia 6 atau 7 tahun adalah usia paling ideal bagi anak-anak untuk mulai menonton film di bioskop. Selain indera pada tubuh mereka tidak lagi terlalu sensitif pada cahaya ataupun suara yang sangat keras, pada usia ini Ia juga sudah lebih baik dalam membedakan mana hiburan dan mana yang merupakan kehidupan nyata. Alhasil, Ia pun tidak akan terbawa dengan cerita dalam film hingga mengalami mimpi buruk yang bisa memicu masalah tidur.

Carmelia juga menyarankan orang tua untuk memilih film-film yang menghibur dan berkategorikan anak-anak. Pahami kode-kode yang ada pada poster film karena ada baiknya memang anak-anak tidak menonton film yang diperuntukkan bagi penonton dengan usia yang lebih tua, memiliki unsur kekerasan ataupun seksualitas yang kurang baik bagi usianya. Selain itu, sebelum film dimulai, berikan sedikit gambaran pada anak tentang suasana bioskop sehingga Ia pun tidak akan kaget dengan suasana yang gelap, suhu yang sangat dingin, atau suara yang sangat keras.

Saat menonton film, pastikan pula agar anak mengkonsumsi air dengan cukup agar tidak mengalami masalah dehidrasi dan mintalah anak untuk segera buang air kecil andai merasakan keinginan untuk melakukannya agar Ia tidak menahannya karena malu atau tidak ingin melewatkan film yang sedang diputar.