Emma Morano, Manusia Tertua di Dunia, Merayakan Ulang Tahun ke 117

DokterSehat.Com – Layaknya orang-orang pada umumnya, Emma Morano merayakan ulang tahunnya dengan meniup lilin, menerima hadiah, dan mendapatkan ucapan selamat dari para keluarga dan kerabat. Namun, acara ulang tahun yang dirayakan wanita ini berbeda dari orang-orang apda umumnya. Bagaimana tidak, Ia berulang tahun pada usia 117 tahun! Ia pun diklaim menjadi satu-satunya orang yang lahir pada than 1800an dan masih hidup hingga sekarang.

doktersehat-tangan-orangtua

Karena dianggap sangat spesial dan langka, ulang tahun Emma pun menjadi perhatian banyak orang. Berbagai media cetak memberitakan ulang tahunnya. Televisi Italia, RAI, bahkan ikut menyiarkan acara ulang tahun sang wanita di apartemen kecilnya yang dekat dengan danau Maggiore, di Pallanza, Piedmont, Italia Utara. Apa rahasia dari sang wanita ini hingga bisa begitu panjang umur?

Pada saat usianya masih 115 tahun, banyak orang yang mencari tahu bagaimana Emma bisa hidup dengan sehat dan panjang umur. Tanpa ragu Emma menyebutkan jika rahasia dari panjang umurnya adalah dengan melakukan diet khusus, yakni dengan mengkonsumsi tiga telur mentah setiap hari semenjak usianya masih sangat muda. Ia menyebutkan jika dengan diet ini, Ia bisa mengatasi masalah anemia yang dulu kerap menyerangnya. Ia juga berkata bahwa keputusannya untuk tidak memiliki pasangan lagi setelah mengalami kegagalan pernikahan pada tahun 1938 yang dilanjutkan dengan kematian bayi laki-lakinya, membuatnya tidak lagi mengalami stres dan justru berbahagia hingga usia setua ini.

Kini, Emma hanya bisa mengkonsumsi dua telur setiap harinya dan dikombinasikan dengan pisang dan ladyfinger cookies, semacam biskuit yang enak sebagai diet harian. Ia pun sudah tak lagi mengkonsumsi daging-dagingan setiap hari karena takut bisa menimbulkan maslah kesehatan layaknya tumor.

Baca Juga:  Jangan Meminum Air Berlebihan Sebelum Makan

Dr. Carlo Bava yang menangani Emma semenjak dua dekade terakhir menyebutkan jika kondisi sang wanita sangatlah luar biasa sehat dan memiliki daya ingat yang tajam. Menurut dr. Bava, kunci dari panjangnya umur sang wanita adalah dengan hidup bersama dengan orang-orang yang mencintainya apa adanya sehingga Ia pun selalu merasa berbagia.