Eklampsia Pada Ibu Hamil Dan Penanganannya

DokterSehat.Com – Preeklampsia pada ibu hamil ini merupakan salah satu penyebab kematian pada kehamilan. Hal ini disebabkan karena tidak mendapat penanganan yang tepat akibat minim pengetahuan ibu terhadap tanda dan bahaya pada kehamilan.



Tekanan darah tinggi dapat mempengaruhi otak, ginjal, hati, dan paru-paru. Preeklamsia secara tradisional dianggap sebagai kondisi yang paling sering mendahului Eklampsia (kejang karena tekanan darah tinggi pada kehamilan).

Tingkat kemungkinan

Tingkat kemungkinan terjadinya komplikasi lanjutan ini umumnya jarang sekali terjadi daripada preeklampsia, perbandingannyapun bahkan 1 antara 2 hingga tiga ribu dalam kehamilan. Para wanita yang mengalami preeklampsia memiliki resiko terkena komplikasi tingkat lanjut dari komplikasi itu sendiri. Hanya saja, untungnya sedikit sekali wanita yang telah menerima penanganan medis cukup baik saat terkena preeklampsia, yang pada akhirnya berlanjut menjadi eklampsia yang lebih serius.

Gejala

Serangan penyakit yang tiba-tiba, pada umumnya mendekati atau selama proses melahirkan berlangsung, adalah karakteristik gejala yang paling umum dari komplikasi lanjutan ini. Serangan setelah proses persalinan pun dapat terjadi dan pada umumnya akan terjadi pada 48 jam setelah proses persalinan.

Lantas, apakah kita harus khawatir dengan komplikasi ini? Hal ini umumnya tergantung daripada tingkatan kehamilan seorang wanita, ketika dirinya terkena komplikasi lanjutan ini. Adapun resiko pada bayi yakni resik kelahiran prematur, sebab mempercepat kelahiran bayi menjadi satu-satunya solusi untuk mengobati komplikasi ini. Disamping itu, komplikasi lanjutan ini dapat mempengaruhi kesehatan ibu menjadi terganggu, meskipun saat ini resiko kematian akibat kondisi komplikasi ini cukup rendah di beberapa negara. Untuk itu, dengan penanganan yang optimal serta pengawasan kesehatan yang baik, sbeagian besar wanita yang terkena komplikasi lanjutan ini dapat kembali sehat dan normal setelah melahirkan.

Baca Juga:  Berbagai Manfaat Buah – Buahan Untuk Kesehatan

Nah, dengan demikian sebaiknya rajinlah melakukan pemeriksaan ke dokter, sebab dokter akan mengetahui lebih cepat apakah Anda mengalami gejala preeklampsia. Apabila anda didiagnoasa mengalami preeklampsia, maka dokter akan terus mengawasi kesehatan anda serta tekanan darah anda untuk memastikan bahwa kondisi tersebut tidak akan berlanjut menjadi komplikasi yang lebih serius.

BACA JUGA : Sindrom Asperger Bukan Autis