Efektif, Mencegah Kanker Payudara Dengan Olahraga Rutin

DokterSehat.Com – Kanker payudara (Carcinoma mammae) dalam bahasa inggrisnya disebut breast cancer  merupakan kanker pada jaringan payudara. Kanker ini paling umum menyerang wanita, walaupun laki-laki juga punya potensi terkena akan tetapi kemungkinan sangat kecil dengan perbandingan 1 diantara 1000.

13

Mendeteksi penyakit kanker payudara serta mencegahnya sedini mungkin menjadi hal yang penting. Pepatah mengatakan mencegah lebih baik dari pada mengobati. Ya, benar, pepatah itu masih selalu berlaku.

Lalu bagaimana caranya mencegah kanker payudara? Sebenarnya ada banyak cara untuk mencegah kanker payudara. Termasuk di dalamnya yang paling efektif adalah melakukan olahraga rutin. Selain itu, menjaga pola dan jenis makanan juga menjadi cara efektif untuk mencegah kanker payudara.

Seperti dilansir oleh Health Land Time, berolahraga tidak saja membakar kalori tubuh, banyak manfaat baik yang didapat dari berolahraga. Rutin bergerak dapat menurunkan resiko seorang wanita mengalami kanker payudara dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Minnesota terhadap 391 wanita yang secara spesifik terdiri dari wanita yang jarang berolahraga, wanita sehat serta wanita premenopuase. Kemudian mereka dibagi kedalam dua kelompok. Sebanyak 179 perempuan yang ada dalam kelompok  aktif, melakukan olahraga selama 30 menit sebanyak 5 kali dalam satu minggu selama 16 minggu menunjukkan efek positif. Tubuh mereka menunjukkan perubahan metabolisme estrogen serta kinerja zat anti kanker yang bekerja lebih baik dari pada kelompok wanita lainnya.

Studi ini juga menunjukkan bagaimana latihan aerobik menghasilkan sistem metabolisme yang lebih baik untuk memecahkan hormon esterogen dan mengurangi resiko penyakit kanker payudara. Estrogen sendiri adalah salah satu hormon yang bisa memicu terjadinya penyakit kanker payudara.

Baca Juga:  Begadang Bisa Memicu Diabetes

Hasil serupa juga dikemukakan oleh para peneliti dari University of North Carolina di Chapel Hill. Mereka mengungkapkan bahwa wanita yang melakukan berbagai jenis olahraga secara rutin memiliki resiko terkena kanker payudara lebih rendah sebanyak 6% dibanding dengan wanita yang hanya duduk dan bersantai saja.