Efek Stress Pada Kulit

Dokter Sehat – Stres adalah bagian dari kehidupan, sehingga setiap orang pasti mengalaminya. Saat kita merasa stres, produksi hormon cortisol akan meningkat yang menyebabkan tubuh memproduksi minyak lebih banyak. Produksi minyak yang berlebihan pada kulit dapat menyebabkan berbagai gangguan pada kulit, seperti jerawat, psoriasis, gatal, dan masalah kulit lainnya.



Sebenarnya stress tubuh didasarkan pada reaksi, ini tandanya kimia merespon, dengan mengendalikan aliran darah yang mengandung partikel energi yang disebut ATP’S, ke daerah vital tubuh yang harus berjuang dengan stress. Dengan demikian kulit kekurangan nutrisi dan oksigen, sehingga kulit menjadi lentur dan dehidrasi.

Orang yang mengalami stress tidak semuanya merasa lemah, mual, sakit kepala, dan pingsan. Tetapi tubuh merekalah yang menunjukkan tanda-tanda stres melalui penampilan kulit, dari semua faktor yang disebutkan diatas adalah penyebab valid stress.

Berikut ini efek stress pada kulit :

  1. Warna kulit pucat dan terlihat tidak rata.
  2. Kulit kering
  3. Tubuh tidak dapat mendistribusikan cairan dengan benar
  4. Kulit kurang bersinar
  5. Kulit gatal-gatal,kering, dan pecah-pecah
  6. Jerawat

Berikut ini cara mengatasi stress :

  1. Rajin makan buah-buahan dan sayuran kaya antioksidan, karena antioksidan akan melawan radikal bebas berbahaya.
  2. Tetaplah merawat kulit seperti yang biasa dilakukan sehari-hari, walaupun tubuh terasa lelah akibat stres.
  3. Olahraga secara teratur sangat baik untuk menghilangkan stres, juga baik untuk kesehatan kulit dan tubuh.
  4. Sediakan waktu untuk bersantai dan lupakan sejenak dari aktifitas sehari-hari, lakukan aktifitas menyenangkan yang anda suka.