Efek Samping Tidur Siang Terlalu Lama

DokterSehat.Com – Bagi banyak orang dewasa, mendapatkan waktu tidur siang adalah sebuah anugerah yang cukup jarang untuk didapatkan. Tuntutan dunia pekerjaan yang cukup tinggi membuat seseorang cenderung sulit untuk mendapatkan tidur siang di jam-jam istirahat. Melihat adanya fakta ini, banyak orang dewasa yang pada akhirnya menikmati tidur siang di saat akhir pekan dengan waktu yang cukup lama. Meskipun akan membuat rasa puas, pakar kesehatan menyebutkan jika ada baiknya kita tidak terlalu lama melakukan tidur siang karena bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, khususnya bagi organ jantung.

doktersehat-tidur-wanita

Pakar kesehatan menyebutkan jika tidur siang yang dilakukan terlalu lama akan membuat tubuh beresiko mengalami masalah sindrom metabolik, sebuah kondisi tubuh yang berkaitan erat dengan tingginya tekanan darah, tingginya kadar lemak di dalam tubuh, tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh, dan juga tingginya kadar gula darah di dalam tubuh. Yang mengerikan adalah, sindrom metabolik ini akan berkaitan erat dengan meningkatnya resiko masalah pada jantung hingga penyakit diabetes. Sebuah penelitian yang melibatkan setidaknya 307.000 partisipan memberikan hasil dimana mereka yang memiliki kebiasaan mendapatkan waktu tidur siang kurang dari 40 menit dalam sehari akan cenderung tidak meningkatkan resiko sindrom metabolik. Sementara itu, mereka yang tidur siang dengan durasi sekitar 40 menit hingga 90 menit setiap harinya ternyata akan meningkatkan resiko terkena sindrom metabolik hingga 50 persen.

Dr Tomohide Yamada, Seorang pakar keseahtan yang berasal dari University of Tokyo dan terlibat dalam penelitian ini mengungkapkan jika tidur siang memang akan baik bagi kesehatan pada umumnya. Namun, melihat adanya fakta dimana durasi tidur siang dan sindrom metabolik ternyata berkaitan erat, maka ada baiknya kita juga membatasi waktu tidur siang untuk menurunkan resiko ini. Meskipun anda merasakan kantuk yang berlebihan karena rasa lelah, anda bisa menyalakan alarm yang menandakan jika waktu tidur siang anda sudah cukup.