Efek Samping Pil KB

Doktersehat.com – Beberapa pasangan memilih menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah terjadinya kehamilan saat berhubungan intim. Tapi, dari berbagai macam alat kontrasepsi tersebut belum tentu cocok.



Berbagai alasan kerap dikeluhkan oleh penggunanya, mulai dari kurang bisa menikmati hubungan intim saat menggunakan kondom sampai dengan bertambahnya bobot tubuh wanita akibat menggunakann alat kontrasepsi berbasis hormon, seperti pil atau suntik KB. Berikut ini efek samping yang kerap dikeluhkan ketika menggunakan alat kontrasepsi berbasis hormon:

1. Nyeri payudara dan sakit kepala

Menurut seorang profesor dari Columbia University, Hilda Hutcherson, MD, efek yang ditimbulkan ini akan hilang sesudah mengonsumsi pil KB untuk sementara waktu.

2. Mual

Biasanya rasa mual akan hilang dalam beberapa bulan. Bila belum juga menghilang, Anda bisa mengonsumsi kontrasepsi oral saat makan. Jika mual tak kunjung hilang, sebaiknya coba alat kontrasepsi dalam rahim.

3. Pendarahan

Penggunaan suntikan KB, pil KB, dan implan terkadang juga dapat menyebabkan perdarahan.

4. Penurunan libido

Pil Kb kadang menyebabkan turunnya libido.

5. Perubahan suasana hati

Pada umumnya semua alat kontrasepsi hormonal akan menyebabkan perubahan suasana hati. Oleh karena itu, dr Hutcherson kadang memberikan resep anti depresan bagi pasien yang mengonsumsi pil KB.

Sumber: merdeka.com