Hati-Hati! Bedak Bayi Bisa Menimbulkan Risiko Penyakit Kanker

doktersehat-bedak-bayi

DokterSehat.Com– Bagi sebagian besar ibu, pasti sudah tidak asing lagi dengan bedak bayi. Bedak bayi digunakan setiap hari setelah anak selesai mandi atau mengganti popok. Bedak ini berfungsi untuk memberikan kelembutan pada kulit anak, serta membuat aroma anak menjadi wangi. Tak heran jika bedak bayi sudah menjadi kebutuhan utama bagi setiap anak.

Bedak bayi memiliki jenis aroma dan merek yang berbeda sehingga pemakaiannya juga bisa disesuaikan dengan kulit anak. Untuk mendapatkannya pun cukup mudah, sebab produk ini telah tersedia di berbagai swalayan maupun toko-toko kecil lainnya.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa penggunaan bedak bayi juga sebenarnya memiliki risiko terhadap kesehatan? Walaupun bedak bayi sudah menjadi kebutuhan utama bagi anak, namun ternyata produk ini mengandung bahan berbahaya yang disebut dengan asbes. Di dalam asbes tersebut masih terkandung zat berhaya lainnya seperti magnesium, silicon, dan sebagainya.

Pengguanaan bedak bayi pada area tubuh bayi yang sensitif akan menambah risiko berbahaya pada kesehatan tubuh. Hal paling buruk yang akan terjadi akibat penggunaan bedak bayi adalah menyebabkan pori-poriĀ  anak tersumbat dan membuat kulit sulit untuk bernapas. Bahkan, penggunaan bedak bayi juga dapat menyebabkan penyakit kanker. Selain itu, bedak bayi juga bisa menimbulkan masalah pada pernapasan orang dewasa.

Menurut dokter, kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif sehingga renta terhadap bahan-bahan kimia yang berasal dari sebuah produk perawatan. Meskipun produk perawatan bayi selalu digembor-gemborkan bebas dari bahan kimia, nyatanya tidak semua peroduk perawatan bayi aman digunakan.

Untuk itu, dokter menyarankan penggunaan bedak bayi sebaiknya dikurangi. Cobalah untuk membiarkan kulit bayi tanpa tersentuh oleh bahan-bahan kimia agar selalu sehat dan tidak menimbulkan risiko penyakit yang berbahaya. Jika terjadi ruam akibat pemakaian popok, alangkah lebih baik jika menggunakan krim untuk menyembuhkannya. Dan tidak lupa juga untuk selalu berkonsultasi dnegan dokter, produk perawatan bayi seperti apa yang aman digunakan.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik