Efek Positif Kopi untuk Kesehatan Hati

Penyakit Liver dan Pengobatannya

DokterSehat.com – Kopi memberikan efek yang berbeda-beda pada tubuh manusia. Minuman yang memiliki warna hitam ini bisa menyebabkan mual, muntah, hingga asam lambung naik. Untuk mereka yang terbiasa minum kopi, cairan ini bisa meningkatkan semangat, mengurangi kantuk, dan selalu fokus saat bekerja atau lembur di malam hari.

Selain dua efek berbeda yang telah disebutkan sebelumnya. Kopi juga memberikan manfaat yang cukup besar pada hati khususnya untuk menurunkan risiko penyakit di bawah ini.

1. Sirosis
Sirosis adalah penyakit hati kronis yang bisa menyebabkan kematian kalau tidak ditangani dengan serius. Dari dua penelitian tentang efek kopi pada hati didapat data yang cukup menarik. Penelitian pertanya menyebutkan bahwa mengonsumsi kopi 2 cangkir kopi sehari mampu menurunkan risiko sirosis hingga 44%.

Selanjutnya, penelitian kedua menyebutkan bahwa seseorang yang mengonsumsi kopi 3 cangkir sehari mengalami menurunkan risiko sirosis hingga 57%.

2. Kanker hati
Penelitian terkait dengan efek kopi pada penurunan efek kanker hati memang masih butuh penyempurnaan. Namun, dari dua penelitian yang dilakukan oleh Tanaka, et al dan Gelatti et al didapatkan fakta positif. Individu yang mengonsumsi kopi sebanyak 3-4 cangkir sehari selama 1-2 tahun akan mengalami penurunan risiko kanker hati.

3. Penyakit hati kronis lainnya
Selain dua penyakit hati di atas, penelitian yang dilakukan oleh Modi et al juga mengungkapkan data yang menarik. Kopi yang dikonsumsi mampu menurunkan fiboris hati. Penyakit hati kronis bisa diturunkan efek negatifnya dengan hanya mengonsumsi 1-2 cangkir kopi per hari.

Mengonsumsi memang memberikan efek yang baik untuk beberapa orang. Namun, mengonsumsi terlalu banyak kopi hingga membuat Anda jadi insomnia justru berbahaya untuk kesehatan. Jadi, mari lebih bijak saat memanfaatkan kopi sebagai minuman saat bersantai atau sebelum bekerja.