Efek Positif Diet Bagi Tubuh

DokterSehat.Com – Kebanyakan dari kita hanya berpikir jika diet akan memberikan dampak positif pada berat badan yang semakin ideal dan bentuk badan yang semakin baik sehingga bisa menambah rasa percaya diri. Namun, tahukah anda jika diet ternyata memberikan dampak positif yang lebih besar bagi kesehatan tubuh. Sebuah laporan penelitian yang dirilis oleh JAMA Internal Medicine menyebutkan jika program diet akan membuat kualitas tidur, kualitas kehidupan seksual, hingga kecenderungan suasana hati yang akan jauh lebih membaik. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-wanita-susah-kurus-diet

Penelitian ini dilakukan dan melibatkan 218 partisipan yang merupakan orang sehat dan telah menurunkan setidaknya seperempat kalori dari tubuhnya dalam dua tahun terakhir. Dari program diet yang sehat dan teratur ini, setidaknya breat badan partisipan ini rata-rata menurun sebanyak 10 persen. Namun, lebih dari itu, kualitas hidup dari partisipan ternyata akan cenderung jauh lebih baik.

Dengan diet yang berhasil dilakukan, maka berat badan dan bentuk tubuh yang lebih baik ternyata bisa membawa suasana hati yang jauh lebih bahagia. Bahkan, tercatat, meskipun program diet baru berlangsung selama satu tahun saja, kualitas tidur seseorang ternyata bisa meningkat dengan signifikan dan fungsi seksual tubuhnya akan jauh lebih meningkat setelah dua tahun melakukan program diet. Hanya saja, program diet yang dimaksudkan adalah program diet yang sehat dan dilakukan dengan sabar mengingat pakar kesehatan meyakini jika program diet yang bukan instan namun dilakukan dengan perlahan-lahan dan melibatkan perbaikan pola makan serta olahraga rutin adalah diet yang terbaik untuk dilakukan oleh semua orang.

Untuk menjaga kualitas hidup yang lebih baik ini tetap berlangsung setelah dua tahun melakukan program diet, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk tetap menjaga pola makan yang sehat dan olahraga yang rutin. Selain itu, kesehatan psikologis juga harus dijaga dengan baik karena jika kita mengalami stress atau depresi, kesehatan tubuh juga bisa mengalami dampak yang negatif.