Efek Negatif dan Positif Minum Kopi

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Rasanya jarang dengar di indonesia, orang yang tidak suka kopi. Kopi yang mengandung kafein memiliki efek negatif dan positif kopi bagi kesehatan. Beberapa efek negatif dan positif kopi/ kafein di antaranya adalah:

Efek positif Kopi:

  • Kopi dapat mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer.
  • Kopi dapat mengurangi resiko terkena pengakit Parkinson.
  • Kopi dapat membantu meningkatkan memori jangka pendek manusia.
  • Hal ini terutama disebabkan karena kafein yang dikandungnya bereaksi secara kimia menstimulasi dan membantu kita untuk menangkap dan fokus terhadap informasi yang diterima lebih baik untuk jangka pendek tertentu.
  • Kopi dapat membantu meredakan sakit kepala, Kandungan kafein dapat membantu meningkatkan efek obat-obatan yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit sementara seperti aspirin, midol dan excedrin. Banyak dari obat sakit kepala dan migran mengandung kafein dalam jumlah kecil.
  • Kopi merupakan efektif antioksidan.
  • Kopi merupakan diuretic yang baik. Minum kopi membuat orang lebih sering buang air kecil. Ini bagus untuk membantu tubuh membuang semua zat-zat ataupun kandungan yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh.
  • Kopi juga membantu mengurangi resiko terkena batu ginjal (vibizlife.com)

catatan :

  1. penyakit Alzheimer adalah sebutannya alz-zhai-me, merupakan sejenis penyakit penurunan fungsi saraf otak yang kompleks dan progresif. Penyakit Alzheimer bukannya sejenis penyakit berjangkit. Penyakit Alzheimer adalah keadaan di mana daya ingatan seseorang merosot dengan teruknya sehinggakan pengidapnya tidak mampu mengurus diri sendiri (wikipedia.com)
  2. pengakit Parkinson(paralysis agitans) adalah penyakit degeneratif syaraf yang pertama ditemukan pada tahun 1817 (An Essay on the Shaking Palsy) oleh Dr. James Parkinson.
  3. Antioksidan adalah substansi yang diperlukan tubuh untuk menetralisir radikal bebas and mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas terhadap sel normal, protein, dan lemak. Antioksidan menstabilkan radikal bebas dengan melengkapi kekurangan elektron yang dimiliki radikal bebas, dan menghambat terjadinya reaksi berantai dari pembentukan radikal bebas yang dapat menimbulkan stres oksidatif

Ada beberapa bentuk antioksidan, di antaranya vitamin, mineral, dan fitokimia. Berbagai tipe antioksidan berkerja bersama dalam melindungi sel normal dan menetralisir radikal bebas.

Efek Negatif Kopi :

  • Kopi dapat menyebabkan constipation atau susah buang air besar.
  • Kopi menyebabkan karang gigi dan gigi menjadi kuning bia dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. (vibizlife.com)

Para peneliti di Florida Alzheimer’s Disease Research Center menyebutkan dosis kopi yang di konsumsi setiap hari adalah sebanyak 500 milligram kafein atau sama dengan 5 cangkir ukuran 236,5 mililiter kopi. Takaran 500 milligram kafein atau sama dengan 5 cangkir ukuran 236,5 mililiter kopi, itu disebutkan tidak berbahaya bagi kesehatan namun, itu di peruntukkan untuk orang yang tidak mengidap darah tinggi dan wanita hamil. Dalam penemuan itu yang menjadikan tikus sebagai percobaan, menunjukkan bahwa tikus tikus yang menkonsumsi kafein memiliki kondisi otak yang sama dengan tikus seumur yang normal, dan menjauhka dari gejala Alzeimer (tempointeraktif.com)

sumber: anakmedan.info

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. Tan

    Biar gada karang gigi gara2 kopi, gimana ya dok? saya penikmat kopi hitam, 1 hari bs sampai 4 sachet. kata dokter gigi, banyak karang gigi, pdhl saya masih umur 26 tahun. minta solusi dok.

    1. Dr. Yulia Evita

      untuk karang gigi sendiri banyak tindakan yang bisa dilakukan, misalnya dilakukan pembersihan karang gigi. untuk itu anda coba periksa ke dokter gigi. semakin cepat diperiksa semakin cepat pembersihan karang gigi dapat dilakukan. terimakasih

      salam,
      dr.yulia evita

  2. sofi

    Malam Dok,
    mau Tanya, apa mengkonsumsi kopi bisa dapat memperlambat proses kehamilan?
    Trimakasih sebelum nya.

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat malam ibu sofi,
      memang banyak mitos tentang meminum kopi pada ibu yang merencanakan kehamilan, ibu hamil, ataupun ibu menyusui.
      secara umum, proses kehamilan dipengaruhi berbagai hal baik dari ibu maupun suami. Dari ibu misalnya seperti melakukan hubungan tepat ditanggal sel telur terlepas, faktor rahim yang siap menerima hasil pembuahan dan faktor lainnya. Dari ayah misalnya dari segi jumlah sperma yang layak dan bergerak cepat untuk dibuahi, dari segi psikis saat berhubungan yang dapat mempengaruhi kualitas dari sperma itu sendiri.
      untuk pertanyaan penggunaan kopi saat ibu dan suami sedang merencanakan kehamilan dapat menyebabkan kegagalan belum dibuktikan secara ilmiah.
      saat ini, hanya ada penelitian dari NIHSS yang mengatakan bahwa meminum lebih dari 200mg kafein (setara dengan dua gelas kopi instan) perhari dapat menyebabkan kemungkinan resiko yang lebih besar untuk terjadinya keguguran.

      salam.
      dr.Yulia Evita

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi bapak,
      kopi memang dapat menyebabkan perubahan pada warna gigi, untuk hal tersebut yang dapat dilakukan adalah membatasi jumlah konsumsi kopi perharinya atau rutin melakukan pembersihan gigi (scalling) didokter gigi terdekat. terimakasih

      salam,

  3. selvi

    Malam dok, saya mau tanya nih sebenar nya minum kopi saat haid bener bisa hilangin rasa nyeri? Trs satu lagi dok waktu saya pagi minum jamu kunyit asam campur beras kencur dok, trs sore nya saya minum kopi hitam dok. Itu saya minum di hari ke 2 saya haid pas pagi nya di hari ke 3 haid saya gk keluar lg dok, itu bahaya gk dok?

    1. Dr. Eko

      Selamat Malam Selvi
      Caffein memang memiliki efek sebagai analgesik (penekan nyeri), conohnya sebagai kombinasi dalam obat sakit kepala
      penggunaan jamu-jamuan alami pada saat haid tidak masalaha
      haid anda belum tentu berhenti karena meminum jamu tersebut
      bisa jadi memang karena haid nya sudah habis
      terima kasih

  4. Dr. Eko

    Selamat Malam Selvi
    Caffein memang memiliki efek sebagai analgesik (penekan nyeri), conohnya sebagai kombinasi dalam obat sakit kepala
    penggunaan jamu-jamuan alami pada saat haid tidak masalaha
    haid anda belum tentu berhenti karena meminum jamu tersebut
    bisa jadi memang karena haid nya sudah habis
    terima kasih

  5. Nas Rum

    Sore dok
    Apa sering mengkonsumsi kopi tiap pagi dan sering.x makan mie instan itu jg dpt menyebabkan pusing / sakit kepala yg berkepanjangan

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Nas Rum
      mie instan banyak mengandung bahan penyedap buatan dan pengawet, dan banyak mengandung natrium (garam) baik dalam bentuk garam dapur ataupun MSG
      Natrium dapat mengikat air dalam pembuluh darah dan meningkatakan tekanan darah
      Kopi juga dapat meningkatkan kontraksi jantung dan tekanan darah

      Bisa jadi keluhan psing/sakit kepala yang anda alami berhubungan dengan hal tersebut
      sebaiknya kurangi konsumsi mie instan, dan batasi konsumsi kopi anda
      terima kasih

  6. wawan setiawan

    Pagi dok … Saya mau tanya mengapa setelah saya minum kopi jantung saya berdebar”.
    Saya emg jarang ngopi tali disaat saya minum kopi bedebat” gtu.

    1. dr. Eko B

      Selamat amlam Pak Wawan
      Benar bapak, salah satu efek kopi dapat meningkatkan frekuensi dan kontraksi jantung
      bila anda mengalami hal tersebut, sebaiknya anda berhati hati dengan konsumsi kopi, terlebih bila anda memiliki penyakit tekanan darah tinggi
      terima kasih

  7. S.H.Liemah

    Dok..denyut jantung saya meningkat,,apa itu disebabkan karena saya sering minum kopi,,soal’a sya pecinta kopi.

    1. dr. Eko B

      Selamat amlam Pak S.H. Liemah
      Benar bapak, salah satu efek kopi dapat meningkatkan frekuensi dan kontraksi jantung
      bila anda mengalami hal tersebut, sebaiknya anda berhati hati dengan konsumsi kopi, terlebih bila anda memiliki penyakit tekanan darah tinggi
      terima kasih

  8. ferefdy sihombing

    Sore dok
    Mau tanya apa ada efek samping nya kalau minum kopi campur ajinomoto

    Trims

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Pak Ferefdy Sihombing
      minum kopi dengan MSG, rawan meningkatkan tekanan darah, karena MSG mengandung sodium atau natrium yang dalam jumlah banyak dapat meningkatkan tekanan darah
      Terima kasih

Leave a Comment